Popular Post

Posted by : Anonim 15 Agu 2015

Assalamu`alaikum Wr.Wb.

Kali ini saya mau ngebahas Kozmo, karena dapet request dari Fajar Prakoso. Mungkin dia penasaran gara-gara Jeff Jones pake itu deck di ARG terus masuk top 8 dan jadi hype? oh ya jangan lupa invite whastapp fajar prakoso ya (08575307xxxx) orangnya baik, anak gym, enak diajak ngobrol, lucu pokoknya gitu deh haha~

Ok untuk mempersingkat waktu langsung saja saya mulai dari "apa itu kozmo?"
a. Energi yang digunakan Seiya dkk. buat ngeluarin jurus ulti-nya, 
b. Kozmo Memories (lv 4 limit break Red XIII),
c. Pengganti trap Macro Kozmo

ClassKozmo cardWizard of OzStar Wars
PilotKozmo FarmgirlDorothy GaleAnakin Skywalker/Luke Skywalker
SpaceshipKozmo ForerunnerSilver ShoesMillennium Falcon
PilotKozmo GoodwitchGood Witch of the NorthQui-Gon Jinn
SpaceshipKozmo SlipriderRuby slippersX-wing starfighter
OtherKozmotownEmerald CityCoruscant

Kurang lebih seperti itu, bagi yang ngikutin serial Starwars dan Wizard of Oz mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama-nama mereka. Sejauh ini yang Kunami rilis baru 4 monster plus 1 field saja :


Kozmo Farmgirl
Light/Psychic - Effect/3/1500/1000
===================================
During either player's turn: You can banish this card; Special SummonLevel 4 or higher "Kozmomonster from your hand. You can only use this effect of "Kozmo Farmgirl" once per turn
When this card inflicts battle damage to your opponent: You can pay 500 LPadd 1 "Kozmo" card from your Deck to your hand.

Analisis :
Merupakan searcher untuk mengakses semua Kozmo Card yang menurut saya rada susah untuk mengaktifkan efeknya, butuh inflict battle dulu, ATK-nya cuma segitu doank, sudah sukses inflict masih harus bayar Life Point zzz... Setidaknya bisa di Special Summon via Emergency Teleport, atau jika susah menghadapi monster yang lebih kuat lempar saja pakai Honest biar "kelar idup lawan". 

Run : 3 wajib


Kozmo Goodwitch
Light/Psychic - Effect/4/1800/1000
====================================
During either player's turn: You can banish this card; Special Summon Level 5 or higher "Kozmomonster from your hand. You can only use this effect of "Kozmo Goodwitch" once per turn
Once per turn: You can pay 500 LP, then target 1 face-up monster your opponent controls; change it to face-down Defense Position.

Analisis : 
Book of Moon dengan bayar 500 Life Point. Entahlah bagi saya nggak begitu "Wah" selain jadi bahan Banish untuk Special Summon Kozmo level diatasnya. Kalau mau, bisa bawa Summoner Monk sih.


Kozmo Sliprider
Light/Machine - Effect/5/2300/800
===================================
If this card is Normal or Special Summoned: You can target 1 Spell/Trap Card on the fielddestroy it. If this card is destroyed by battle or card effect and sent to the Graveyard: You can banish this card from your Graveyard; Special Summon 1 Level 4 or lower "Kozmo" monster from your Deck.

Analisis :
Mau jedor Spell/Trap aja ribet banget, masih enak MST uy tapi ya uuurgh lagi-lagi efeknya gitu doank.
Komboin aja sama Farmgirl via Emergency Teleport saat end phase lawan men-set Spell/Trap. kemudian banish Farmgirl untuk Special Summon kartu ini dan jedor Spell/Trap.
Kalo mau bisa digabungin sama artifact sih kan sama-sama level 5, jedor aja waktu end phase lawan biar next turn bisa Xyz.


Kozmo Forerunner
Light/Machine - Effect/7/2800/1400
====================================
Cannot be targeted by an opponent's card effects. During your Standby Phase: Gain 1000 LP. If this card is destroyed by battle or card effect and sent to the Graveyard: You can banish this card from your Graveyard; Special Summon 1 Level 6 or lower "Kozmomonster from your Deck.

Analisis :
Anti target, sepertinya bisa jadi musuh Graydle juga dan deck-deck yang penuh dengan target menarget. Efeknya cuman nambah Life Point (sepertinya pilotnya Dian Keto btw) -_-" 
Saat Standby Phase kombinasikan dengan Emergency Teleport - Farmgirl supaya langsung dapet recover 1000-nya.


Kozmotown
Field Spell Card
=====================================
Once per turn: You can target 1 of your banished "Kozmomonsters;return it to the hand, and if you do, lose LP equal to its original Level x 100. Once per turn: You can reveal any number of "Kozmo" monsters in your hand and shuffle them into the Deck, then draw cards equal to the number of cards you shuffled into the Deck. If this card in the Field Zone is destroyed by a card effect: You can add 1 "Kozmo" card from your Deck to your hand.

Analisis : 
Buat Recycle Kozmo yang udah terbanish. Jika kamu stuck dihand cuman ada Sliprider dan Forerunner tanpa ada Kozmo level rendah untuk disummon, pakai efek shufflenya untuk men-draw kartu baru.
Bawa Terraforming untuk meningkatkan chance. Bisa dikombinasikan dengan Double Cyclone atau Storm!. Gold Sarchopagus juga bisa digunakan langsung untuk mengaktifkan efek pertamanya.

Yak sepertinya cuma itu saja yang bisa saya jelasin per kartunya, soalnya efeknya cuman begitu doank. Untuk playstyle sepertinya fokus rush damage bahkan kalo bisa OTK, meskipun tidak menutup kemungkinan dengan support dari kartu lain seperti Artifact dan Cyber Dragon sehingga bisa perform Xyz. Jadi tetap bawa Xyz toolbox buat jaga-jaga ya. Kamu juga bisa bawa tuner monster yang bisa di Special Summon via Emergency teleport seperti Ghost Ogre & Snow Rabbit kemudian tuning jadi Blackrose clearing field atau Ancient Fairy Dragon buat destroy Kozmotown. Jangan lupa bawa Spell/Trap tambahan untuk monster removal biar lancar jaya ngasih damagenya, misalnya saja Dark Hole. untuk Drawer bisa tambahkan Upstart Goblin, Sacred Sword of Seven Star.

Weakness : 
1. Sejenis Mirror Force
2. Sejenis Spirit Reaper / Fire-Ice Hand
3. Imperial Iron Wall
4. Light-Imprisoning Mirror

Kesimpulan :
Kalo menurut saya, Kozmo sangat tergantung dengan monster level rendahnya. Nggak ada mereka di hand, kelar idup loe. Dapat Kozmo level rendah, di PHP lawan kena trap card Solemn the series. Saya nggak menemukan winning condition selain rush damage & OTK, bahkan sampai bawa limiter removal loh.
Kozmo bisa masuk top 8 ARG mungkin karena adanya beberapa faktor : 2 Dark Hole dan 1 Raigeki, banyak deck trapless yang masih populer, OTK stopper yang semakin jarang dipakai, masih tergolong baru jadi biasanya lawan confuse di side deck dan cuman fokus side untuk deck lainnya.

Ok sekian dari saya, Chinmi. 
Semoga bermanfaat buat pembaca terutama yang merequest-nya.
Wassalamu`alaikum Wr.Wb.

"Berpikir rasional memang penting, tetapi berpikir tanpa melakukan apa-apa, 
kau tidak akan menemukan kemajuan"
~Kurumi Ebisuzawa / Gakkou Gurashi~



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -