Popular Post

Posted by : LX-Schiffer 16 Nov 2015

Hello semua.. gantian sekarang aku yang nulis di blog ini. Artikel kali ini mengenai PSY-Frame (lagi) yang mengulas lebih lanjut mengenai play, combo, strong, weak dan support yang bisa di lakukan oleh archetype ini. Kalau belum ngerti deck ini gimana bisa baca di postingan PSY-Frame sebelumnya.

Gak pake ching chong like a sh*t langsung aja ke hidangan utamanya, tapi sebelum itu kita preview sedikit mengenai beberapa kartunya.

================================================================

THE PSY-FRAMES

================================================================

PSY-Frame Driver
Si pengendara PSY-Frame, merupakan kartu kunci dari archetype ini. PSY-Frame Driver harus berhasil di spesial summon kalau pengen PSY-Framegear mu menjalankan efeknya. Level-nya yang besar merupakan halangan utama deck ini dikarenakan kalau mau di summon harus tributer 1 monster atau di special summon oleh efek PSY-Framegear.

Biasanya yang bikin bingung itu adalah berapa copy kartu ini perlu dibawa. Ada yang bilang 2 cukup, ada juga yang bilang 3 biar afdol. Kalau aku sendiri sih kartu ini wajib bawa 3, kenapa? Karena selain untuk memperlancar combo juga bisa di pakai untuk deck thinning. Anggap saja PSY-Frame Driver mu semua ada di deck dan di giliran ini (biasanya giliran musuh) kamu bisa memakai efek PSY-Framegear mu 3x, berarti kamu sudah men-special summon Driver 3x. Biasanya Driver yang kamu spesial summon itu dari deck, itu berarti deck mu sudah berkurang 3 kartu. Atau kalau mau kamu bisa menyimpan 1 Driver mu biar lawanmu mengira kalau kamu cuma bawa 2 copy. Resikonya, karena 3 copy vanila level 6 yang susah di summon chance kartu ini ter-draw di hand sangat besar.

Tapi jangan berkecil hati, kalaupun kartu ini ada di hand masih ada gunanya koq. Misalnya :
  • Untuk menambahkan ATK 1 monster PSY-Frame-mu menggunakan efek PSY-Frame Circuit.
  • Sebagai cost untuk PSY-Frame Overload.
  • Setelah di banish oleh PSY-Frame Overload, kamu bisa add lagi kartu ini menggunakan Psychic Path, atau special summon Psychic synchro-monster menggunakan Psychic Feel Zone (tapi perlu membanish 1 PSY-Framegear juga).
  • Kamu discard jika hand limit-mu kelebihan.
  • Kalau kamu desperate bisa kamu tribute summon, lumayan gak bisa kena Fiendish Chain.

PSY-Framegear Alpha
Searcher utama di deck ini, karena bisa men-search kartu-kartu PSY-Frame dari deck ke hand, bahkan spell trap nya juga bisa di search, tapi sayangnya gak bisa search dirinya sendiri (berharap). Pakai 3 copy.

Alpha cocok kalau kamu main 2nd. Biasanya kalau lawan kamu kasih 1st Turn dia gak mungkin memainkan kartu banyak-banyak. Biasanya summon 1 monster atau set beberapa kartu. Ketika lawan mu summon langsung aja spesial summon Alpha, dan kamu searc kartu PSY-Frame dari deck sesuai keperluan mu. Gak perlu takut terbanish, apalagi kalau kamu punya Psychic Path atau Psychic Feel Zone, karena giliran mu nanti kamu jadi +1. Selain itu dia juga level 1 yang memungkinkan kamu synchro summon jadi PSY-Framelord Zeta (kalau Circuit sudah terpasang), dan juga bisa di search oleh Overload.

Sebelum men-search kartu PSY-Frame, perhatikan dulu hand-mu apa yang perlu di search dan bagaimana permainan lawanmu. Prioritas search-nya yaitu :
  1. PSY-Frame Circuit (Field Spell), kalau ada Terraforming
  2. PSY-Frame Overload (Trap Card)
  3. PSY-Framegear negater (Gamma, Delta, Epsilon)
  4. PSY-Framegear Beta.

PSY-Frame Gear Beta 
OTK Stopper dari archetype ini, dan juga bisa di-search oleh PSY-Frame Alpha dan PSY-Frame Overload. Ketika lawan men-declare attack, special summon Driver dan Beta, hancurkan monster yang menyerang, kemudian Battle Phase langsung berakhir yang memaksa lawan untuk langsung pindah phase. Tapi perlu di ingat, Beta perlu menghancurkan monster yang menyerang kalau mau langsung mengakhiri Battle Phase, kalau gagal maka terjadi Replay Attack. Dia juga level 1, bisa synchro summon jadi PSY-Framelord Zeta. Pakai 3 copy.




PSY-Framegear Gamma, Delta, Epsilon
Para negater dari PSY-Frame dan semuanya Level 2. Pakai 2-3 copy.

Gamma : Negate Efek Monster
Delta : Negate Spell.
Negate Trap.

PSY-Frame negater ini cocok untuk mengganggu play lawan. Tapi perlu hati-hati kalau kamu mau memakainya. Kamu perlu PSY-Frame Circuit yang udah aktif kalau mau terus-terusan mengganggu lawanmu. Ketika kamu me-negate kartu lawan dan special summon Driver, dengan bantuan Circuit kamu bisa langsung synchro summon. Prioritas utama synchro summon-nya kalau memakai para negater ini adalah PSY-Framelord Omega.

Play yang bisa kamu lakukan :
  • Gamma : Jika di giliranmu, kamu bisa negate aktivasi Maxx "C" lawan, dengan begitu kamu bisa synchro summon PSY-Framelord Omega untuk mengurangi hand lawan.
  • Delta : Kartu ini wajib ada di hand apalagi ketika kamu memasang Circuit. Di meta OCG, mungkin kurang berguna karena hampir di Main Deck gak ada yang pakai Mystical Space Typhoon (MST) dikarenakan ada Harpie's Feather Duster. Tetapi di meta TCG, biasanya malah Main Deck Mystical Space Typhoon 3 copy. Ini rawan sekali kalau bermain di meta TCG sekarang ini.

    Skenario :
    Pasang Circuit, set Spell/Trap, kemudian End Phase. Di saat ini biasanya MST lawan yang di set di aktifkan. Masih mending kalau yang di target spell/trap lainnya, kalau yang kena Circuit-nya malah jadi minus. Karena itulah Delta penting. Kalau itu terjadi maka langsung negate pakai Delta, kemudian synchro summon jadi PSY-Frame Lord Omega.
  • Epsilon : Penggunaan epsilon ini sendiri agak susah dikarenakan dia me-negate Trap. Biasanya, Trap itu aktif selalu ketika kamu udah punya monster di arena.
    Misalnya : Summon 1 monster di Bottomless Trap Hole / Torrential Tribute, Nyerang terus di Mirror Force, dll dst.
    Epsilon cocoknya digunakan untuk me-negate Trap yang mengganggu play seperti Mind Crush, Vanity's Emptiness, dll.

    Skenario :
    Lawan aktifkan MST, kamu aktifkan Delta, kemudian lawan mengaktifkan Vanity's Emptiness.Kamu gak bisa me-negate MST, karena kamu gak bisa men-special summon Delta + Driver dikarenakan Vanity's Emptiness. Di sinilah kegunaannya Epsilon. Kamu bisa aktifkan Epsilon ketika lawanmu me-negate Vanity's Emptiness.

    CL 1: MST -> CL2 : Delta -> CL3 : Vanity's Emptiness -> CL4 : Epsilon
    resolve
    CL4 : Epsilon [me-negate] CL3 : Vanity's Emptiness, CL2 : Delta [me-negate] CL1 : MST
    Hasilnya adalah 2 Driver, 1 Delta, 1 Epsilon.

    Selain itu, kamu juga bisa memaksa lawan untuk mengaktifkan kartu trap di giliranmu kalau kamu punya MST.
    MST 1 spell/trap lawan, kalau itu kartu trap biasanya bakal di aktifkan langsung, langsung negate pakai Epsilon. Bisa langsung kamu synchro summon jadi PSY-Framelord Omega, atau kalau mau kamu pakai nyerang dulu, lumayan kan itu ATK 1500 + 2500.
Untuk berapa copy yang dipakai itu relatif. Kalau aku sendiri pakai Gamma 3x, Delta 3x, dan side Epsilon 2x, tergantung meta.



PSY-Frame Circuit
Kartu kunci di PSY-Frame, dan sangat bergantung sekali sama kartu ini + Driver. Tanpa kartu ini kamu akan susah mengendalikan permainan. Sebisa mungkin selalu lindungi kartu ini agar tetap aktif di arena. Wajib bawa 3 copy.

Gunakan hand trap mu se-efisien mungkin. Kalau ada kartu yang gak bisa memungkinkan kamu spesial summon langsung negate. Efek nambah ATK nya lumayan kalau mau finishing, tapi sayangnya cuma kalau Battle sama monster. Apalagi kalau lawan punya MST, chance kartu ini hancur itu besar sekali.

Salah satu kelemahan fatal dari Circuit ini adalah synchro summon-nya itu memulai Chain. Jadi ketika kamu berhasil men-special summon PSY-Frame monster, kartu ini akan memulai chain baru (biasanya chain link 1 kalau gak ada efek yang nyelip). Pada saat itulah MST atau penghancur spell/trap bakal beraksi. Karena kamu punya monster di arena maka PSY-Framegear mu bakal nganggur. Kalau ini di giliran lawan maka PSY-Frame yang di special summon tadi bakal ter-banish sendiri (kalau gak di apa-apain lawan).

Perlu di ingat juga kalau kartu ini gak bisa di Solemn Warning, tapi summon-nya bisa di Solemn Warning/ Judgment / Rai-Oh kalau Circuit Chain Link 1. Bingung? Gini. Efek-nya Circuit ini adalah MEMPERBOLEHKAN PLAYER untuk MEN-SYNCHRO SUMMON setelah resolve.

Kamu gak bisa me-negate efek Circuit, tapi kamu bisa me-negate synchro summon-nya. Misal kamu punya Solemn Warning, kamu gak bisa meng-aktifkan Solemn Warning ketika Circuit aktif, tetapi setelah resolve baru kamu bisa mengaktifkan Solemn Warning karena dia mencoba untuk synchro summon, dan jangan lupa kalo Circuit harus di Chain Link 1 kalau mau kamu negate summon-nya

Skenario :
CL1 : lawan mengaktifkan Lightning Vortex, discard Dandylion.
CL2 : negate pakai Delta. 

setelah resolve, Dandylion akan membuat Chain Link baru karena dia mandatory.
CL1 : Dandylion
CL2 : PSY-Frame Circuit
resolve nya :
CL2 : Synchro Summon
CL1 : Dandylion men-special summon token

Kalau seperti ini maka kamu gak bisa me-negate synchro summon-nya, karena hal yang terjadi terakhir bukan mencoba synchro summon, tetapi efek Dandylion yang men-special summon token.
Begitu juga efek lain yang aktif membentuk Chain Link baru seperti Burning Abyss, dll, walaupun efeknya opsional tapi bisa menutupi Circuit sehingga synchro summon-nya berhasil.
Kalau mau me-negate synchro summon-nya coba ganti Dandylion dengan kartu lain, seperti LaLa Li-
Oon.

Skenario :
CL1 : lawan mengaktifkan Lightning Vortex, discard LaLa Li-Oon.
CL2 : negate pakai Delta. 

setelah resolve :
CL1 : PSY-Frame Circuit
Resolve : synchro summon, di saat ini baru bisa kamu negate summon-nya


PSY-Frame Overload
Trap removal yang broken dan Continous once per turn, Wajib 3 copy.
Raigeki Break? Discard 1 kartu, destroy 1 kartu. OK.
Phoenix Wing Wind Blast? Discard 1 kartu, kembalikan 1 kartu ke Top Deck lawan.
Karma Cut? Discard 1 kartu, banish yang sama nama.
PSY-Frame Overload? Banish 1 PSY-Frame monster dari hand atau face-up di arena, banish 1 kartu di arena FACE-DOWN.
Oke, banish 1 kartu tapi kok Face-Down? Kok? Gini penjelasannya.

Normalnya, kartu yang terbanish itu akan face-up dan itu menjadi public knowledge, dimana kedua pemain mengetahui kartu apa itu. Tetapi kalau itu ter-banish face-down, maka itu tidak menjadi public knowledge, tetapi cuma bisa di ketahui oleh si pemilik. Jika ter-banish face-up, maka masih punya kegunaan lain. Misal : bisa di special summon untuk D.D.R - Different Dimension Reincarnation, atau di kembalikan lagi ke graveyard oleh Burial from the Different Dimension. Tetapi kalo face-down? Kartu tersebut gak bisa digunakan lagi. Mau di add gak bisa, mau di special summon gak bisa, mau di balikin ke graveyard juga gak bisa. Paling cuma Necroface yang bisa mengembalikan karena cuma perlu ada kartu di banish-an, gak peduli face-down atau face-up.

Cuma yang memberatkan adalah costnya yang perlu mem-banish PSY-Frame, kalo PSY-Framegear gak apa-apa, tapi kalau kepepet Drivernya yang di banish. Walaupun begitu, masih ada cara untuk mengakalinya. 

Ngerti sendiri kan gimana efeknya para PSY-Framegear? kalo mereka di special summon karena efeknya dan gak ada Circuit, ketika End Phase bakal ter-banish, dan itu sangat merugikan. Tapi dengan adanya Overload, kerugian itu bisa di minimalisir. Dengan Overload kita bisa "mengajak" kartu lawan untuk di banish juga. Apalagi kalau ada 2 Overload, kamu bisa mengontrol permainan. Jadi kalaupun kartumu terbanish, kamu gak begitu rugi, karena kamu bisa menghilangkan kartu di arena lawan. Apalagi kalau kamu ada Psychic Feel Zone atau Psychic Path, giliranmu berikutnya kamu malah +1.

Kalau di MST gimana? Justru malah senang. PSY-Frame Overload juga punya efek tambahan kalau ada di Graveyard. Kamu bisa banish kartu ini untuk ambil 1 kartu PSY-Frame dari deck, ini Quick Effect jadi bisa di aktifkan kapan aja (kecuali Damage Step), sesuaikan dengan bagaimana play lawanmu. Kalau main banyak spell ambil Delta, banyak trap ambil Epsilon, kalau udah swarming dan gak punya pertahanan ambil Beta, kalau perlu tambahan hand trap cari Alpha, atau kalau perlu ambil Circuit lagi. Tapi perlu di perhatikan, gak bisa langsung di aktifkan di giliran dia terkirim ke Graveyard, jadi harus menunggu giliran berikutnya. 


PSY-Framelord Zeta
Kartu ini merupakan gabungan dari Driver + Alpha + Beta, tapi untungnya aja generic. Bayangkan gimana kalau material synchronya Driver + Alpha + Beta, batal bikin deck PSY-Frame deh.
Bisa me-Recycle diri sendiri, minimal bawa 2-3 copy.

Kartu ini punya 2 Efek, yaitu :
1. Banish kartu ini dan 1 kartu monster yang face-up Attack special summon.
2. Kalau kartu ini ada di Graveyard, kembalikan kartu ini ke Extra Deck dan satu kartu PSY-Frame ke hand.
Sekilas mungkin gak begitu hebat, tapi kalo di telusuri lebih lanjut ternyata kartu ini lumayan juga.

Efek pertama yang banish monster ini bisa menghambat lawan untuk mengakhiri permainan. Monster yang ATK-nya besar pasti di summon dalam posisi ATK dan ini jadi mangsa untuk Zeta, apalagi di combo sama Omega, dan ini Quick Effect, bisa di aktifkan kapan aja (kecuali Damage Step). Perlu di ingat kalau banish dirinya ini
Kelemahan fatalnya adalah kalau lawan men-special summon dalam posisi DEF dan Zeta hilang tanpa berbuat apa-apa.

Jika kartu ini di destroy malah bagus, karena efek ke-2 nya bisa jalan. Kalau kamu perlu kartu PSY-Frame, tinggal aktifkan saja efeknya untuk mengambil 1 dari Graveyard. Kartu ini di utamakan untuk menyerang, jadi gak perlu takut kalo kartu ini bunuh diri.



PSY-Framelord Omega
Kartu ini lumayan hebat. Efeknya ada 3 :
1. Banish 1 kartu dari hand lawan dan dirinya.
2. Kembalikan 1 kartu dari banishan ke Graveyard ketika Standby Phase Lawan
3. Kalau ada di Graveyard, kembalikan kartu ini ke Extra Deck dan 1 kartu dari Graveyard ke Deck.

Omega bisa digunakan untuk menghilangkan kartu yang ada di tangan lawan, dan juga untuk melihat kartu apa itu.
Minimal perlu ada 2 Omega kalau mau mengganggu play lawanmu.
Di giliranmu, Omega ke-1 banish dirinya sendiri dan kartu yang ada di tangan lawan, kemudian Omega ke-2 di Standby Phase lawan pakai efek ke-2, kartu lawan yang tadi di bansih taruh ke grave, dengan begitu kartu tadi gak akan kembali ke tangannya lagi. Kalau lawan macam-macam langsung kabur aja Omega ke-2. Cocok ketika lawan deck seperti Shaddol dan Nekroz, ketika aktif Shaddoll Fusion atau Nekrzo Ritual Spell, langsung kabur. Shaddoll Fusion gagal nyari material fusion dari Deck dan material hilang 1 dari tangannya, ketika Nekroz Ritual spell kalau tepat maka Ritual Monster yang mau di summon bakal hilang dan gak jadi Ritual Summon.
Giliran berikutnya lanjutkan lagi untuk mengurangi kartu di tangan lawan. Selain itu juga bisa me-recycle Overload biar bisa mencari kartu-kartu yang di perlukan dari deck.
Sayangnya Omega kurang cocok kalau di pakai untuk menyerang kalau melawan deck yang punya banyak spell trap karena dia gak bisa kabur di Battle Phase, dipakai menyerang seperlunya saja.
Efek ke-3 nya kurang berguna, cuma di pakai untuk recycle, kecuali lawanmu punya kartu yang bisa aktif di kuburan seperti Glow-Up Bulb, Zephyros, Performage Trick Clown, dll, sehingga menghambat lawanmu. Karena itu pakai 2 Omega sudah cukup, kalau mau 3 boleh.

Untuk mem-summon Omega paling bagus itu digiliran pertama, tapi sayangnya hal itu sangat susah kecuali lawan melakukan sesuatu, seperti pakai Maxx "C", dll.
Cara lainnya yaitu dengan memakai Psychic Fell Zone + Soul Charge, special summon Omega ke-1 dengan Feel Zone, kemudian Soul Charge yang tadi di kembalikan ke kuburan untuk jadi Omega ke-2.


================================================================

OTHER SUPPORT

================================================================

Selain hanya mengandalkan kartu-kartu dari PSY-Frame sendiri, kamu juga bisa memakai kartu-kartu lain yang memungkinkan membuat deck ini berjalan lancar. Misalnya saja seperti Honest, dikarenakan semua kartu monsternya Atribute-nya adalah LIGHT. 

Untuk pilihan monsternya usahakan yang bisa menghilangkan dirinya sendiri dari arena, atau setidaknya mengganggu lawan, seperti Wind-Up Rabbit dan Evilswarm Thunderbird, mereka bisa menghilangkan dirinya sendiri dan bisa kembali lagi ke arena. Selain itu juga ada Doomcaliber knight, dengan adanya dia di arena akan memaksa lawan untuk mengorbankan 1 kartu untuk menghilangkan dia, entah itu memakai spell atau mengorbankan 1 monster dengan memakai efeknya, dengan begitu arenamu akan kosong sehingga membuat kartu-kartu PSY-Frame-mu hidup.


Untuk Draw power bisa memakai Cardcar D atau Pot of Duality kalau memakai banyak kartu Trap dan juga kamu pasti jarang special summon di giliran sendiri. Tapi hati-hati kalau memakai 2 kartu ini, saat itu juga PSY-Frame yang ada di tanganmu akan mati giliran ini, ketika itu juga lawan mungkin akan memakai spell, trap, atau efek monsternya saat itu juga.

Emergency Teleport juga bisa di pakai, tapi menurut rasanya kurang berguna kalau untuk men-summon PSY-Frame tuner kalau gak ada non-tuner-nya.


Untuk recycle bisa memakai Psychic Path kalau main kontrol, banish PSY-Frame-mu terus ambil lagi ke tangan yang kamu banish tadi, musuh akan kehilangan 1-2 kartu tiap giliran.


Selain itu juga ada Psychic Feel Zone yang bisa mengatasi masalah kalau Driver mu ter-banish. Masalah utama di PSY-Frame biasanya kalau me-negate tapi gak ada Circuit yang membuat 1 tuner + Driver-mu terbanish, dengan adanya Psychic Feel Zone, digiliranmu kamu bisa men-summon Omega atau Zeta, tapi sayangnya dalam posisi defense. Untuk tambahan trap mungkin Torrential Tribute untuk menghancurkan semua monster termasuk punyamu biar PSY-Frame mu hidup. Atau juga memasukkan Mind Over Matter, counter trap negater dengan tribute 1 Psychic biar gak terlalu rugi kalau men-summon PSY-Frame ketika gak ada Circuit

Untuk Extra Deck bisa menambahkan Black Rose Dragon, dikarenakan kita bakalan sering Synchro Summon di giliran lawan, ketika lawan punya banyak kartu dan kita NUKE, maka lawan akan kehilangan banyak kartu. Selain itu juga bisa pakai Ancient Fairy Dragon kalau mau bertahan, atau pakai Ancient Sacred Wyvern kalau mau menyerang, tapi kayaknya bakal kurang efektif karena summon Zeta sudah lebih dari cukup.

Untuk tambahan Xyz bisa kita tambahkan Mecha Phantom Beast Dracossack dan Red-Eyes Flare Metal Dragon.
Dracossack bisa di pakai kalau sama Soul Charge, special summon token dan 1 tuner untuk jadi Zeta atau Omega. Bisa juga di pakai cuma untuk menghancurkan 1 kartu lawan aja tanpa men-summon tokennya. Jangan lupa material Xyz nya bisa pakai Zeta, ketika di kuburan kita bisa mengambil 1 kartu PSY-Frame ke tangan lagi, dan Dracosack bisa di recycle pakai Omega.
Untuk Red-Eyes Flare Metal Dragon sendiri kurang yakin sih, dimasukin mungkin cuma untuk sudden death dan Xyz Universe. Kalau pakai kartu level 4 juga bisa masukin Gagaga Gunman untuk sudden death.

Selain itu juga bisa menambahkan Tech Yosenju dan tambahan Psychic seperti di postingan sebelumnya untuk menambah variasi permainan di giliran sendiri.

================================================================

WEAKNESS

================================================================

Saatnya membahas kelemahan dari PSY-Frame. Sebenarnya gampang kalau melawan mereka ini. PSY-Frame terlalu bergantung kepada Driver dan Circuit, kalau Driver terbanish semua maka mereka mati, ketika di special summon di giliran lawan, langsung hancurkan Circuit-nya, serang tuner-nya dan biarkan Driver ter-banish. Driver yang terbanish tanpa tuner gak akan bisa di balikin pakai Feel Zone dan gak bisa jadi Omega atau Zeta, bisanya cuma pakai Psychic Path atau recycle dari banishan yang lain.

Selain itu, kartu yang melarang untuk special summon juga membuat deck ini mati. Misalnya Vanity's Emptiness, ketika mau me-negate langsung saja pakai vanity, mereka langsung diam kalo gak bisa mengatasi vanity.

Mind Crush juga bisa di pakai untuk mengatasi PSY-Frame, ketika mereka mencoba mengaktifkan efeknya, langsung saja di Mind Crush, mereka akan gagal men-special summon Driver dan dirinya, dengan begitu dia gak jadi me-negate kartu lawannya.

Prohibition juga bisa mematikan deck ini. Tinggal sebut PSY-Frame Driver, maka mereka semua langsung mati kalau gak bisa mengatasinya, tapi sayangnya Prohibition ini spell, biasanya Delta itu pasti masuk 3 copy, berharap aja gak ada Delta ketika meng-aktifkan Prohibition.

PSY-Frame juga bakalan kalah kalau lawan Evilswarm. Tinggal summon Ophion, cari Infestation Pandemic, sudah bisa mengunci total PSY-Frame.
Dikarenakan Driver level 6, dan ada Pandemic yang membuatnya kebal terhadap Overload.

Dan musuh utama untuk lawan PSY-Frame adalah TIME OUT!
Iya, Time Out. Salah satu cara utama yang ampuh adalah dengan main sabar. Summon 1 monster, kalau selamat langsung serang saja. Jangan mencoba mengaktifkan apa-apa kalau gak bisa mengatasi PSY-Frame yang akan mengganggumu.
Cocok dipakai kalau waktu pertandingan cuma 30 menit. Game 1 kemungkinan selesai biasanya di menit ke 15-20, dan game 2 bisa kamu stalling. Kalau waktu pertandingan 1 jam kurang efektif.

Bisa juga dengan men-set kartu kemudian End Phase langsung, begitu terus. Kartu yang menumpuk di tangan dan gak bisa digunakan akan di buang di End Phase. Kartu-kartu yang di buang pertama biasanya Driver, kemudian Overload, kemudian Spell Trap lainnya, setelah itu baru PSY-Framegearnya. Lihat gear apa yang sudah di buang, kemudian lancarkan serangan.

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. info tambahan trik ;)

    kondisi:
    lawan summon momon yg efeknya bisa jalan begitu dia nyentuh tanah kyk misalnya Tellarknight Deneb, sementara dihand kmu ada PF Alpha & PF Gamma... the fun is starting here
    >>>
    ketika Deneb turun dan bilang EFEK! kmu bisa respon pake PF Alpha dan chain link masih ngecling, disitu kmu bisa respon Deneb yg ngeaktivasi efeknya pake PF Gamma... jadi kesimpulannya klo ada kondisi kyk gitu, kmu bisa langsung nurunin 4 momon PF sekaligus (PF Alpha, PF Gamma & 2x PF Driver) dan klo difieldmu ada PF Circuit yaudah, sinkro 2x dan bisa bkin lawan kmu pusing klo dia gag bisa ngecounter

    -sekian-

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -