Popular Post

Posted by : IFK 5 Feb 2012

Assalamualaikum dan selamat berjumpa kembali! Kali ini saya akan membahas tentang sebuah deckyang sudah direquest untuk dibahas oleh salah satu kouhai saya, dan kebetulan saya juga seneng banget sama deck ini. "Minta deck build counter fairy donk." begitu katanya. Jadi, sekarang saya akan membahas tentang Counter Fairy, salah satu tipe deck yang boleh dibilang terlupakan. Counter Fairy bahkan bukanlah nama archtype sebagaimana Inzektor ataupun Blackwing. Counter Fairy juga bukanlah nama kartu. Deck ini dinamakan Counter Fairy karena monster utamanya bertipe Fairy dan kartu yang diandalkan adalah Counter Trap.

Oh iya, mungkin akan ada yang kecewa, tapi kali ini saya tidak akan memberikan decklist. Kenapa? Karena Counter Fairy itu buildnya tergantung dengan deck yang populer di metagame pemainnya. Tapi tenang saja, saya tetap akan memberikan kerangka deck untuk menjadi dasar, sisanya bisa dikembangkan sendiri oleh teman-teman.



Pertama saya akan membahas tentang kelebihan dari deck ini. Kelebihan dari deck ini adalah:

  1. Pemanfaatan Counter Trap secara maksimal, kartu dengan Spell Speed tertinggi. Hal ini menyebabkan lawan tidak bisa menchain selain dengan Counter Trap lain. 
  2. Support yang terus-menerus tiap set. Setiap Counter Trap baru yang dirilis adalah support baru untuk Counter Fairy. Yah, walaupun kartu-kartu Counter Trap tersebut belum tentu bagus sih... Tapi support tetaplah support. Kartu-kartu Counter Trap anyar yang lumayan yahud contohnya Debunk.
Setelah itu saya akan membahas kartu-kartu yang biasa dimasukkan ke dalam deck ini. Kartu-kartu yang wajib dimasukkan dalam deck ini apapun variannya adalah Bountiful Artemis, Honest, Solemn Judgment, dan Solemn Warning. Artemis, Honest, dan Judgment harus dimasukkan sebanyak yang diperbolehkan oleh banlist, sedangkan Warning disesuaikan dengan total LP cost yang ditanggung oleh deck. Artemis adalah kartu terpenting di deck ini; dia adalah satu-satunya cara deck ini mendapatkan plus.

Karena Counter Fairy tidak bisa mengandalkan card advantage semata untuk menang, jadi deck ini mengandalkan cara lain untuk menang. Cara itu adalah  field advantage. Counter Fairy Anti-Meta fokus untuk menguasai field dan hanya mendapatkan card advantage lewat Artemis atau battle. Field advantage dicapai dengan cara menaruh monster-monster antimeta di field untuk mencegah lawan mendominasi field. Contoh monster-monster pencegah adalah:
  1. Thunder King
  2. Pachy
  3. Doomcaliber
  4. dll
Bagaimana kalau lawan sudah menguasai field lebih dulu? Gunakan monster-monster antimeta yang berfungsi sebagai removal. Contohnya:
  1. Pachy (lagi)
  2. Warrior Lady bersaudara
  3. Gran Mole
  4. Gale
  5. Ryko
  6. Freed
  7. dll
Gunakan Artemis sebagai drawer untuk mendapatkan kartu-kartu yang dibutuhkan dan Counter Trap untuk melindungi fieldmu. Monster-monster hand trap seperti Veiler dan Maxx "C" juga sangat berguna di deck ini seperti di deck-deck lain.

Sama seperti deck lain, deck ini juga membutuhkan Spell, walaupun menggunakannya seminimum mungkin (hanya 7-9 Spell per deck). Gunakan saja kartu-kartu staple seperti biasa. Beberapa orang juga menggunakan Chalice dan Lance untuk perlindungan tambahan.


Sedangkan untuk trap-trap non Counter Trap, gunakan kartu-kartu yang biasa digunakan di deck antimeta lain, contohnya seperti:
  1. Bottomless/Dimen Prison
  2. Starlight Road
  3. Safe Zone
  4. Fiendish Chain
  5. dll
Untuk boss card, saya sarankan untuk menggunakan Vandalgyon. Monster-monster lain yang bisa digunakan sebagai boss monster adalah:
  1. Kristya
  2. Desire
  3. BLS-EotB juga bisa digunakan kalau monster DARK di deck mencukupi
Boss-boss monster ini tidak wajib digunakan, tidak seperti monster-monster level 4 kebawah yang saya sebutkan di awal tadi. Jadi walaupun deck Counter Fairymu tidak memakai Boss Monster pun itu tidak mengapa.

Jadi kerangka dasar untuk CF antimeta terlihat seperti ini:

3 Bountiful Artemis
1 Honest
3 Raiou
7-9 Monster yang terdiri dari antimeta monster/hand trap monster

3 Pot of Duality/Shard of Greed
4-6 Spell lain

1 Solemn Judgment
2 Solemn Warning
7-9 Counter Trap lain sesuaikan dengan deck yang populer saat itu
sisa slot gunakan untuk trap-trap yang berfungsi sebagai monster removal.

Untuk side deck, jangan lupa selalu  sediakan Cyber Dragon dan Chimera Fortress (untuk menangani Jinzo) dan Typhoon (untuk menangani Decree).

Sekian dulu deck building dari saya. Kita jumpa lagi lain waktu, wassalam!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -