Popular Post

Posted by : IFK 17 Mei 2012

17 Mei 2012
Assalamualaikum temen-temen sekalian, saat ini saya akan menghadirkan artikel yang ditulis oleh anggota YMGM sendiri, yaitu Aden Rohmana alias MysticSwordsman. Tidak hanya YuGiOh, ia juga bermain Duel Master dan Cardfight Vanguard. Kali ini ia akan menulis artikel tentang hasil penelitiannya dengan deck Sacred, tribe pembela kebenaran yang datang dari bintang-bintang untuk membantu Gem-Knight dan Gusta menyelamatkan dunia Duel Terminal dari cengkraman Verz dan Ritua. Karena tulisannya cukup panjang jadi saya akan membaginya dalam beberapa bagian. Inilah artikelnya:

Dengan kekuatan bintang akan menghukummu!



== SACRED ==

Semua yang ditulis di sini adalah pendapat saya sebagai seorang duelist yg mempelajari archtype ini. Apabila ada yang salah atau anda tidak sependapat harap maklum. :)

==== _ ====

KEY CARDS

Berikut ini kartu-kartu yang penting di Deck Sacred saya jelaskan dengan detail;
Karena fokus Sacred adalah bermain Xyz, maka lebih baiknya kalau saya jelaskan Xyz Constellar terlebih dahulu.

Key Cards - Extra Deck
Di extra deck, berikut ini Xyz Constellar yang akan menjadi inti kekuatan deck ini:
____ _ ____

Sacred Pleiades

Ini adalah BIG BOSS nya
Sacred. ATK 2500 bukanlah alasan utama mengapa dia menjadi big boss, melainkan yang lebih penting yakni efek chainable bounce nya. Abusable in many ways, bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam fungsi.
Control, re-use tools, saving tools, endgame clearer, combo negater, pencegah contact summon. All possibilities in one, semua kemungkinan di satu kartu. Deck
Sacred yang bagus wajib berfokus untuk special summon monster ini. Dan deck Sacred yang bagus akan sangat mudah Special Summon Pleiades, sampai-sampai ada kemungkinan untuk kehabisan stock Pleiades.
Kesimpulan: Wajib pakai 3. Heart of the Deck.
_._

Sacred Ptolemys Messier 7

Messier #7 ini adalah evolusi dari Pleiades, bisa ditumpuk langsung ke satu Pleiades dan menggunakan Pleiaddes tersebut sebagai Xyz material. Kartu ini biasanya berfungsi sebagai big beater setelah semua Xyz material Pleiades telah habis terpakai. Juga berfungsi untuk spam Xyz untuk draw lebih banyak kartu dengan Sacred Star Chart.
Efeknya sendiri juga bagus, bisa mengembalikan monster musuh atau monster sendiri di graveyard untuk di re-use. Tapi masih jauh lebih bagus efek Pleiades.
Pleiades: return 1 CARD, Messier 7: return 1 MONSTER;
Pleiades: during either player turn; Messier 7: only during your main phase;
Dan di deck
Sacred, Messier 7 ini akan banyak disummon dengan overlay Pleiades, artinya dia tidak akan bisa mengaktifkan efeknya langsung di turn dia disummon. Maka jumlah tidak harus banyak, karena berfungsi sebagai upgrade saja, bukan monster untuk dispam.
Kesimpulan: Wajib ada, gunakan 1-2.
_._

Sacred Beehive

Beehive ini adalah the big beater Constellar. Mampu mencapai ATK 3400, monster ini dapat overpower hampir semua threat berbahaya di metagame saat ini. Beehive ini adalah solusi untuk monster-monster yang tidak bisa ditarget dengan efek, sehingga harus dihancurkan dengan battle. Namun perlu diingat, requirement summon Beehive adalah 2 Constellar monster, bukan 2 Light monster seperti yang lainnya.

Kesimpulan: Toolbox, gunakan 1 saja cukup.
_._

Sacred Omega

Jika menghadapi musuh dengan heavy backrow, kartu inilah cara Sacred melawannya. Chainable dan dapat melindungi teman.
Kesimpulan: Toolbox, gunakan 1 saja cukup.
_._

Sacred Hyades

ATK tergolong kecil jika dibandingkan Xyz Rank 3 lainnya. Efeknya adalah versi lemahnya Maestroke, namun sisi baiknya adalah multifungsi, tidak mentarget (affect ke semua monster musuh). bisa juga digunakan untuk flip-up monster yang diset musuh.
Namun jika ada kesempatan Xyz ke Rank 3, generic Rank 3 Xyz masih lebih bagus (Leviath, Zenmines etc).
Kesimpulan: Toolbox, gunakan 1 saja cukup.
____ _ ____
____ _ ____

Key Cards - Main Deck
Di main deck, dibagi menjadi 4 bagian besar / Role:
____ _ ____

1. The Level Manipulator
Bagian ini berfungsi sebagai level modifier, untuk akses fleksibel ke beberapa rank Xyz monster. Terutama digunakan untuk akses mudah dan cepat ke Rank 5 (Constellar Pleiades). Bagian ini adalah tool inti di deck Constellar.
_._

Constellar Kaust

Monster Lv4 yang levelnya fleksibel, dapat di adjust untuk summon Xyz Rank 3, 4, atau 5 (dan untuk beberapa kasus langka mungkin langsung akses ke Rank 6).
Ini adalah kartu kunci untuk special summon Pleiades. Wajib pasang 3. (Kalau bisa lebih, saya akan pasang 5. No kidding)
Kesimpulan: Wajib pakai 3. Heart of the deck.
____ _ ____

2. The Swarmer

Bagian ini berfungsi untuk swarm field (dari tangan), kunci untuk menaruh 2 atau lebih monster ke field untuk Xyz summon langsung bahkan dari field kosong.
Ini adalah tool inti di deck Constellar.
_._


Menyediakan +1 normal summon Constellar, sehingga bisa dicombo dengan Kaust untuk special summon Rank 5 Xyz langsung. Tidak hanya itu, kartu ini sangat fleksibel, bisa juga langsung digunakan tribute untuk summon Constellar Esca. Kartu ini sangat penting di sini, wajib pasang 3. (dan lagi-lagi, kalau bisa pasang lebih, saya akan pasang 5)
Kesimpulan: Wajib pakai 3. Heart of the deck.
_._

Constellar Leonis

Hampir sama seperti Pollux, hanya saja berLevel 3. Pasangannya adalah Constellar Sheratan (akan dijelaskan nanti). Xyz Constellar monster di rank 3 tergolong sangat lemah (ATK 1900). Jadi tidak dianjurkan spam Lv3 combo terlalu banyak.
Saat ada kesempatan SS Rank 3, pilihannya adalah: SS Xyz Constellar Rank 3 (monster lemah) dan draw dengan Starsign, atau SS generic Xyz Rank 3 (Leviathan, Acid Golem, atau Zenmaines) namun tidak mendapat +1 dari Starsign. Ini adalah kontradiksi yang tidak diinginkan dan perlu dihindari.
Walaupun demikian, kelebihannya fleksibel, bisa digunakan tribute untuk Esca.
Dan ketika dibutuhkan juga bisa digunakan Xyz ke Rank 4 dengan Kaust.
Kesimpulan: Optional, pasang seperlunya.
_._

Constellar Gredi

Role sama persis seperti Pollux, dapat dicombo dengan Kaust untuk akses Xyz Rank 5. Hanya saja saja kurang fleksibel, monster yang di-SS dari tangan harus Lv4. Dan tidak bisa dijadikan tribute langsung untuk Esca.
Kelebihannya memungkinkan swarm 3 Constellar langsung; Pollux - Gredi - [Lv4]; maka memungkinkan akses ke Ouroboros.
Gunakan 2-3 jika ingin fokus ke konsistensi Xyz summon rank 4-5. Gunakan 0 jika tidak suka dengan infleksibilitasnya (saya cenderung ke yang ini)
Kesimpulan: Optional. Gunakan seperlunya.
_._

Constellar Schet

Mini Cyber Dragon. Sangat bagus untuk swarm dan level sangat fleksibel, dijejerkan dengan Constellar lain dijamin pasti bisa Xyz summon.

Namun kelemahannya adalah: battle power secara individual Lemah, jika draw lebih dari satu di tangan jadi dead hand parah, dan cuma bisa Xyz summon Constellar saja.

Kesimpulan: Optional; personally, kalo saya max pake 1. (pengalaman draw lebih dari satu dan dead hand)
____ _ ____

3. The Resource Provider
Semua cara Xyz summon di Constellar adalah -1, karena tidak ada advantage summon dari deck / +dari graveyard. Maka +resource di sini sangatlah penting untuk kelangsungan hidup Constellar.
_._

Constellar Esca

Searcher paling kuat di Constellar archtype, karena dia mendapat +1 tidak hanya di normal summon, tapi juga di SS. Sangat abusable dengan "Call of the Haunted" (CoTH).
Terlebih lagi, CoTH tidak hancur jika Esca yang di-SS digunakan untuk Xyz ke Pleiades. Kemudian bisa digunakan efek bounce Pleiades untuk mengembalikan CoTH untuk di re-use. Xyz material yang di-detach = Esca, agar bisa langsung di SS lagi next turn.
Dapat di-normal summon langsung dari field kosong dengan Pollux / Leonis.
Kekurangannya adalah perlu tribute untuk masuk field, namun itu tidak terhitung -1 karena search (+1) saat disummon. Plus card akan lebih banyak setelah dia sudah masuk graveyard (SS dengan CoTH).
Esca adalah the strongest resource provider di Constellar, sekaligus berfungsi sebagai perfect Xyz material (Lv 5). Wajib pakai 3, di xyz ataupun hybrid build, kecuali ingin main deck Constellar yang sucks.

Kesimpulan: Wajib pasang 3.
_._

Constellar Starsign

Membuatmu draw 1 card setiap berhasil xyz summon. (perlu diingat efek Starsign once per turn). Efek Starsign yang "once per turn" bisa disiasati dengan bounce effect Pleiades. Efek Starsign stackable, 2 starsign = draw 2 setiap Xyz summon.
Ini sangat penting dan yang membuat Xyz summon sangat berharga, wajib pakai 3 di pure Xyz-focus build. Di hybrid build, gunakan seperlunya atau tidak sama sekali.
Kesimpulan: Wajib pasang 3 di Xyz-focused build; Optional di hybrid build.
_._



Provide +1 langsung, namun menyebabkan tidak bisa masuk battle phase di turn itu. Sisi positifnya, bisa attempt Xyz summon lagi walaupun telah digagalkan.
Bagusnya pakai 2-3, pakai tidak sama sekali jika tidak ingin skip battle phase sama sekali.
Kesimpulan: Strong but optional. Pasang seperlunya.
_._

Searcher instant +1 di Constellar, downgrade dari Esca. (ATK 700, hanya search saat normal summon). Fungsi utamanya combo dengan Constellar Leonis untuk akses ke Rank3 Xyz, dan search missing piece dari Pollux-Kaust.
Sangat kuat saat dicombo dengan Ultimate Offering. 3 Sheratan -> 3 Esca -> 1 Kaust = 2 Pleiades (if you know what I mean - nanti dijelaskan lagi)
Overall bagus, floater yang lumayan fleksibel, namun battle power secara single card lemah.
Kesimpulan: Useful, strong in some case, but optional. Pasang seperlunya.
____ _ ____

4. Non-Constellar Support

Berbagai macam fungsi, terutama penyedia quick LV5 untuk Xyz, dan ada juga resource provider.
_._

Call of The Haunted

Sangat potensial dicombo dengan Esca untuk +resource, dan bisa dibounce back untuk re-use (Constellar Pleiades).
Kesimpulan: Wajib pakai 3 (Kecuali bermain Constellar tanpa trap)
_._


Akses mudah dan cepat ke Lv5 Light untuk SS Pleiades. Sangat fleksibel, sangat easy to use, sangat menambah deck speed. Kekurangannya adalah spell, membayar 1000 LP, dan memakan space di extra deck - membatasi pilihan Xyz dan Synchro monster yang dipakai. Perlu diingat jika menggunakan kartu ini di Constellar, pasang 2-3 (sesuai jumlah Instant Fusion mu) Generic Lv5 Light Fusion monster di extra deck.
Di hybrid build juga sangat bagus sebagai synchro material. Yang sangat disayangkan adalah, tidak ada generic Lv4 Light Fusion monster sampai sekarang - jadi tidak bisa terlalu fleksibel, tidak bisa akses ke Lv4 Xyz Constellar.
Kesimpulan: Strong but optional; Pakai 2-3 (tapi jika berencana menggunakan Ultimate Offering combo, sebaiknya jangan banyak2)
_._


Lv5 yang mudah dipanggil, bisa di combo dengan Kaust untuk SS Pleiades. Battle power lumayan, bisa jadi beatstick saat diperlukan.
Sangat dianjurkan jika ingin fokus ke SS rank 5 Xyz. Cyber Dragon dan Constellar Schet punya peran sama, pilih salah satu. Jika fokus ke Rank5 summoning, gunakan Cyber Dragon. Jika fokus ke pure Constellar multiple Xyz possibilities, pakai Schet.
Kelebihannya adalah dapat dipanggil di awal-awal, dan dapat menjadi cadangan jaga2 kalau field di clear musuh.
Namun kekurangannya adalah tidak bisa swarm jika sudah terlanjur ada monster di field. Dalam hal ini, Ghost Ship lebih bagus. 3 Cyber Dragon di tangan = 2 dead cards.
Kesimpulan: Strong but Optional, pasang seperlunya, klo saya max 2.
_._


Lv5 yang mudah dipanggil, fungsi sama seperti Cyber Dragon.
Kelebihannya bisa swarm dalam kondisi field kosong atau penuh, namun kekurangannya perlu light monster di graveyard untuk di-remove sebagai cost summon.
Cara mudah mendapat fodder: Effect Veiler. Constellar Sheratan juga cocok sebagai fodder untuk kartu ini.
Kesimpulan: Strong but optional, pasang seperlunya.
____ _ ________ _ ____


Bersambung ke part 2

{ 2 comments... read them below or Comment }

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -