Popular Post

Posted by : IFK 3 Jan 2017

Assalamualaikum guys, kita ketemu lagi kali ini di tahun 2017. Nah, masih melanjutkan serial artikel Acardemy Awards 2016, kartu kita kali ini adalah anggota dari series yang spesialisasinya Chaos Xyz. Long Live R4NK!

Chaos Xyz dan Efek Bonus
Zoodiac adalah series yang spesialisasi pada Chaos Xyz dan memberi efek bonus pada Xyz yang disummon, berdasarkan material yang digunakan dalam summon tersebut. Keduanya bukan konsep yang baru dalam perYuGiOh!an, dan Zoodiac juga bukan yang pertama kali menggabungkan dua konsep tersebut dalam satu series. Bahkan ada series lain yang di zaman ARC-V ini juga menggabungkan kedua konsep tersebut.

Ada yang ingat Digital Bug? Nggak ada? Oke, lanjut.

Chaos Xyz adalah istilah tidak resmi yang saya gunakan karena konsep ini (mensummon Xyz dari Extra Deck degan menumpuk satu monster saja yang ada di field) dimulai dari Number C39: Utopia Ray. "C" dalam "C39" bermakna "Chaos", karena itulah konsep "langsung tumpuk" ini saya sebut Chaos Xyz. Nama lain dari konsep ini adalah Rank-Up. Well, it's not official anyway.

Sementara konsep "kartu ini memberi bonus efek kepada Xyz monster kalau digunakan sebagai material" sudah ada sejak Bachibachibachi, Star Drawing, dan lain-lain. Salah satu kasus yang paling terkenal mungkin tongkat kursi Star Seraph yang gemar mengisi pertanyaan-pertanyaan ruling di Paguyuban Juri Nusantara dan kitab POJO.  

Digital What
Digital Bug berusaha menggabungkan kedua konsep tersebut dan mereka gagal total. Sebenarnya mudah saja mengukur keberhasilan deck Xyz zaman ARC-V; bandingkan saja dengan Tellarknight.

Xyz yang mereka summon lebih buruk dibandingkan Xyz Tellar, R3NK tidak seefektif R4NK dan limitasi harus Insuck-type juga memprihatinkan. Jika saja tidak ada limitasi harus Insuck mungkin mereka bisa bersaing dengan Magnet Warrior.

Artwork dari fieldnya Digital Bug. Kalau kamu tidak tahu efeknya, yang jelas bikin minus-minus.

Boss Extra Deck yang mau Rank-Up atau Chaos Xyz harus mencopot material mereka. Bahkan Gaia Dragon the Thunder Charger pun tertawa...

Monster main deck juga efek copas dari Tellarknight dan agar player tidak merasa seperti main Tellarknight, Konami memberikan limitasi-limitasi seperti harus mengubah posisi secara manual atau menggunakan efek kartu lain. Intinya mereka inferior dibandingkan Tellarknight ditambah fakta-fakta menyakitkan seperti tidak adanya kartu support bagus untuk Insuck-type seperti Reinforcements of the Insuck Army atau Emergency Telebug.

- sedihnyo -

Kenapa Harus Insuck Kalau Bisa Dapat Seisi Kebun Binatang
Well, Zoodiac mengambil konsep Digital Bug dan mengembangkan ide tersebut sampai ke batasnya. Mereka pun sukses digunakan di banyak deck. Apalagi Zoodiac Kerbau bisa searching Beast Warrior apa saja, sehingga banyak deck Beast Warrior yang power-up dengan adanya Zoodiac ini. Kalian pasti sudah tahu combo-combonya, karena sudah ada banyak artikel di blog-blog aupun video-video Youtube yang membahas tentang Zoodiac ini.

Untuk artikel Acardemy Awards kita kali ini, Zoodiac yang mendapatkan peringkat keempat adalah kartu berikut:

I think I caught the wrong rat

Kenapa ya Tikus selalu yang menyebabkan combo ngeplus-ngeplus? Kalau tidak ada Tikus, sepertinya Zoodiac tidak akan sepopuler sekarang. Yah, tidak separah Digital Bug sih karena satu kartu untuk Zoodiac Naga juga cukup menggiurkan bagi deck-deck Beast Warrior.


"Gak perlu ditanya lagi. One card spamming sweat banget. Konami salah cetak kali ya, definisi dari cancer ya ini, bayangin hampir semua deck yg topping di OCG pakai ginian sebagai engine wkwk"
- Fmn, 2016 -

"Satu kartu beranak pinak jadi beberapa R4NK itu sesuatu."
- Chinmi, 2016 -

"This comment is censored because reasons"
- Salim, 2016 -

"Kartu ini sekarang sudah menjadi staple yang semua deck bisa pakai, hanya butuh satu kartu bisa jadi banyak."
- 4th Hokage, 2016 -

"Advantage: Kartu ini bisa dibilang baru dari booster Raging Tempest dan kartu ini dapat mengspam beberapa monster Xyz dalam satu turn.
Disadvantage: -"

- Wahyu, 2016 -

"Tikus bangsat, ga OPT."
- Zaid, 2016 -

Sekian curhat saya hari ini tentang Digital Bug. See you next time!

Wassalam~

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. btw, kalo di anime nama langsung tumpuk ini term nya
    kalau langsung tumpuk : Xyz Change
    kalau untuk chaos : Chaos Xyz Change

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -