Popular Post

Posted by : IFK 11 Nov 2014

Assalamualaikum, setelah lama nggak nulis artikel akhirnya ada juga waktu luang buat nulis artikel, nah kali ini yuk kita bahas decklist nya Patrick Hoban yang jadi juara 1 di ARG Circuit Series di Rayleigh tanggal 8-9 November 2014 kemarin!

Patrick Hoban - Burning Abyss

Main Deck
19 Monster 
1 Alich, Malebranch of the Burning Abyss
1 Black Luster Soldier - Envoy of the Beginning
2 Calcab, Malebranche of the Burning Abyss
3 Cir, Malebranche of the Burning Abyss
3 Graff, Malebranche of the Burning Abyss
3 Rubic, Malebranche of the Burning Abyss
3 Scarm, Malebranche of the Burning Abyss
3 Tour Guide from the Underworld
10 Spell
1 Allure of Darkness
1 Foolish Burial
3 Mystical Space Typhoon
1 Rank-Up Magic Astral Force
1 Soul Charge
3 Upstart Goblin
11 Trap
3 Fire Lake of the Burning Abyss
2 Karma Cut
3 Phoenix Wing Wind Blast
3 Vanity's Emptiness

 Side Deck
3 Majesty's Fiend
2 Puppet Plant
3 Vanity's Fiend
3 The Monarchs Stormforth
1 Bottomless Trap Hole
3 Fairy Wind

Extra Deck 2 Virgil, Rock Star of the Burning Abyss
1 Chronomaly Crystal Chrononaut
1 Constellar Pleiades
3 Dante, Traveler of the Burning Abyss
2 Downerd Magician
1 Ghostrick Alucard
1 Number 47: Nightmare Shark
1 Number 20: Giga-Brilliant
1 Number 30: Acid Golem of Destruction
1 Number C69: Heraldry Crest of Horror
1 Wind-Up Zenmaines

Bagi yang belum mengetahui bagaimana sih playstyle Burning Abyss itu, menurut Wikia: "all Main Deck "Burning Abyss" monsters are Level 3 DARK Fiend-Types, and share three effects: they are destroyed if the player controls a monster other than a "Burning Abyss" monster, can be Special Summoned from the hand if the player controls no Spell/Trap Cards and a third effect which is triggered if it is sent to the Graveyard"

Efek ketiga mereka akan aktif bagaimanapun mereka terkirim ke Graveyard. Discard dari tangan, buang dari deck, hancur dari field, dst dst. Mungkin karena memang mereka penghuni underworld ya?

Deck Burning Abyss menerima tambahan support yang cukup signifikan di NECH dengan adanya Rubic, Alich, Calcab, Virgil, dan Fire Lake of the Burning Abyss. Sebelumnya deck Burning Abyss hanya berkutat pada Tour Guide, Scarm, Graff dan Cir. Tapi sekarang dengan adanya personil-personil baru tersebut, banyak peluang yang tadinya tertutup sekarang terbuka.

Rubic adalah tuner yang memungkinkanmu mensummon Virgil.
Alich bisa menegate efek Acid Golemmu sendiri sehingga kamu bisa men overlay Downerd diatas Acid Golem saat Main Phase 2.
Calcab mengembalikan set card lawan, agar kamu bisa lebih mudah menggasak LP mereka, atau mengembalikan set cardmu sendiri agar efek "Special Summon dari tangan" Burning Abyss dapat diaktifkan!

Soul Charge sangat berguna untuk menyiapkan 2 Burning Abyss untuk mengaktifkan Fire Lake, dan untuk mentrigger ulang efek-efek monster-monster tersebut. 3 Upstart Goblin karena ini adalah decklistnya Pat Hoban... Sepertinya dia tidak takut memberikan LP tambahan untuk para Qli duelist, padahal LP 1000 sangat berharga untuk mereka mengingat Scout membutuhkan LP 800 per aktivasi, dan Skill Drain pun membutuhkan LP 1000.

1 Rank-Up Magic Astral Force digunakan untuk mensummon Constellar Pleiades (lewat Dante) dan Number C69: Heraldry Crest of Horror (lewat Chronomaly Crystal Chrononaut). Crest of Horror dengan ATK 4000 adalah monster yang tepat untuk mengatasi Apoqliphort Towers. Sementara Pleiades memang sudah terkenal fungsinya yang bisa mengembalikan kartu ke tangan kapan saja bahkan di giliran lawan. Kelebihan Astral Force adalah walaupun ia terbuang dari Deck ke Graveyard karena Dante, kita bisa mengambilnya kembali ke tangan saat Draw Phase.
Chaos Numbers 69: Death Medallion - Chaos of Arms
Fire Lake of the Burning Abyss adalah Icarus Attacknya Burning Abyss, namun potensi penghancurnya jauh lebih besar. Kalau Icarus Attack maksimal hanya bisa plus satu advantage lewat aktivasi yang dichain, Fire Lake bahkan bisa sampai plus tiga! Itu karena Burning Abyss yang dikirim ke Graveyard via Fire Lake akan mengaktifkan efek mereka, akhirnya duelist Burning Abyss tidak akan kehilangan advantage.
Calcabrina si pervert sedang mengintip Alichino yang sedang rendem di onsen
 
2 Virgil, Rock Star of the Burning Abyss sangat bagus karena bisa mengembalikan Saqlifice ke deck, mencegah duelist Qliphort untuk mendapatkan efek search Saqlifice. Virgil juga bisa mengembalikan Qliphort Scout, membuat duelist Qliphort untuk mendapatkan search lebih banyak lagi. Cir juga bisa menghidupkan kembali Virgil yang telah tewas. Dengan ATK 2500 Virgil menjadi pilihan yang lebih agresif dibandingkan Dante, dengan begitu Burning Abyss dapat menghabisi lawan lebih cepat.

Playset Vanity's Fiend atau Majesty Fiend, plus 3 Monarch Stormforth adalah side deck untuk menghadapi deck-deck yang banyak Special Summonnya (Vanity's) atau banyak Effect Monsternya (Majesty). Stormforth digunakan untuk melenyapkan monster lawan yang menyebalkan sekaligus membantu mensummon Vanity's dan Majesty. Namun, tanpa Stormforth pun, Burning Abyss mampu untuk menyediakan tumbal secara terus menerus untuk Tribute Summon Vanity's dan Majesty.

2 Puppet Plant adalah side card untuk Shaddoll dan Tellarknight sementara Fairy Wind adalah side card untuk Qliphort. Fairy Wind dapat menghancurkan Pendulum Scale deck Qliphort (terutama Qliphort Scout), Skill Drain, Vanity's Emptiness, serta Shadow-Imprisoning Mirror yang mungkin digunakan lawan untuk menghadapi Burning Abyss di Game 2 dan 3. Fairy Wind sekaligus memberikan damage 300 untuk setiap kartu tersebut, lebih meminimalisir LP dari duelist Qliphort, sehingga mereka akan pikir-pikir panjang untuk mengaktifkan Scout dan Skill Drain.

Sepertinya dengan adanya Fire Lake dan support-support Burning Abyss yang baru, akan sulit bagi Qliphort untuk mendominasi turnamen-turnamen TCG sebagaimana di OCG. Scout tidak akan bertahan lama di field, sementara Skill Drain dan Emptiness pun dapat dengan mudah diatasi. Bagaimana pendapatmu?.Siapakah yang kira-kira menjadi deck terkuat setelah NECH?

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -