Popular Post

Posted by : IFK 23 Okt 2015

Assalamualaikum friends!
Sekali lagi kita lanjutkan artikel review BOSH dengan judul terpanjang yang pernah ada di blog ini. Untuk hari ini ayo kita fokus ke kartu-kartu Spell/Trap generik yang bisa dipakai di macam-macam jenis deck. I said it before and I'll say it again: I love generic cards. Selagi kartu archetype meningkatkan variasi dan playstyle, sekaligus powercreep dalam game, kartu generik meningkatkan kreativitas dalam deckbuilding. Memang ada restriksi dalam beberapa kartu berikut, misalnya seperti harus punya Type tertentu, namun restriksi tersebut generic kalau dibandingkan dengan restriksi harus punya nama archetype tertentu di field. Kartu-kartu tersebut membuat kemungkinan dalam deck building meluas. Ada juga kartu-kartu generic yang karena bagusnya, dipakai di banyak deck, atau populernya disebut "staple". Ada juga (sepertinya) calon kartu staple diantara kartu-kartu yang akan kita bahas kali ini.

Dan, saya juga baru tahu kemarin kalau resminya, archetype disebut sebagai "series". Mulai saat ini saya akan biasakan untuk menyebut "series" sebagai ganti dari "archetype". Tapi tentu saja, keduanya maknanya sih sama saja, dan bukan hal penting sih sebenarnya.

Yuk kita mulai!
Oh ya, seperti biasa, english name belum official, alias cuma tebakannya translator aja. Jangan dianggap seperti nama official, karena nama officialnya itu ya yang jepun itu.



Pendulum Storm
Spell Normal
(1) Destroy as many cards in Pendulum Zones as possible, then you can destroy 1 Spell/Trap Card your opponent controls.
Pendulum Storm adalah kartu anti Pendulum yang, tidak seperti Wavering Eyes, tidak bisa dicegah oleh Performage Damagejuggler. Bagus untuk Side Deck, tapi kalau deckmu adalah deck Pendulum, Wavering Eyes lebih baik (sekaligus untuk searching). Oh iya, untuk mengaktifkan kartu ini tentu saja minimal harus ada 1 kartu di Pendulum Zone.

Shiranuiryuu Tensei no Jin / Shiranui Style: Reincarnation Formation
Spell Field
You can only activate 1 “Shiranui Style: Reincarnation Formation” per turn.
(1) Once per turn, if you control no monsters: You can send 1 card from your hand to the Graveyard, then activate 1 of these effects.
-Target 1 Zombie-Type monster with 0 DEF in your Graveyard; Special Summon it.
-Target 1 of your banished Zombie-Type monsters with 0 DEF; return that monster to the Graveyard.
Shiranuiryuu Tensei no Jin! Ciaaaaaat!!!
Apa ini, dulu Field Spell betul-betul menunjukkan lokasi, bukan jurus samurai Shaman King random...

Anyway, kebanyakan kartu dari series baru BOSH "Shiranui" juga merupakan support untuk Zombie generic. Begitu juga dengan Field kita kali ini, kalau ada temanmu yang masih bermain Skull Servant, atau Zombie Synchro, atau Uni-Zombie beatdown, atau apalah deck Zombie lainnya, Field ini akan sangat membantu untuk menempatkan kartu yang tidak berguna di tanganmu ke Graveyard, revive Zombie, atau recover monster yang terbanish.

Zombie yang DEF 0 seingatku banyak kok yang terkenal, misalnya Unizombie, Zombie Master, atau King of the Skull Servants. Discard Wightprince, revive King. Tasty.

Twin Twister
Spell Quick-Play
(1) Discard 1 card, then target up to 2 Spell/Trap Cards on the field; destroy them.
Twin Twister! Burning Abyss dan deck-deck lain yang suka kartunya di Graveyard akan lebih suka kartu ini dibanding MST. Twin Twister menghancurkan Pendulum Scale dan backrow seperti dobel MST sekaligus membuang hand card yang lebih cocok di Graveyard daripada di hand. Tentu saja Twin Twister tidak untuk semua deck, ada juga deck-deck yang handnya amat berharga, seperti deck Pendulum.

Nureginu / Mistaken Charges
Spell Quick-Play
You can only activate 1 “Mistaken Charges” per turn.
(1) If your opponent has more total cards in their hand and their side of the field than you have in yours: Target 1 face-up card on the field; for the rest of this Duel, neither player can activate the effects of a card with that target’s name, except the effects of that face-up card on the field.
Akhirnya Sangan dipenjara juga sekamar dengan *itch of the BF. Apakah nanti kalau ada kartu yang gambarnya Sangan lepas dari penjara, di real life Sangan bakal lolos betulan dari banlist? Kita lihat saja nanti hehehe~

Nureginu ini seperti Prohibition permanen sampai akhir duel, sayangnya kartu yang ditarget pertama lolos dari efek Nureginu. Sepertinya kartu ini seperti kartu serial petualangan Sangan yang lain, akan jadi favorit di Side Deck. Akankah di Main Deck juga? Mungkin, kalau deck metanya bergantung pada 1-2 kartu kunci (tapi biasanya deck tier 1 punya lebih dari 1 kartu kunci). Nureginu sewaktu diaktifkan akan membuat casternya -1 advantage, karena Nureginu sendiri sebenarnya tidak menghasilkan advantage.

Dragon’s Bind
Trap Continuous
Activate this card by targeting 1 Dragon-Type monster you control with 2500 or less ATK and DEF.
(1) Neither player can Special Summon monsters with ATK lower than that target’s original ATK.
(2) When that target leaves the field, destroy this card.
Seiyaryu ekspresinya mirip Parrot Dragon kalau posenya seperti itu...

Dragon's Bind paling bagus dicombo dengan Stardust Spark Dragon. Tapi kalau kamu, seperti saya, berpendapat kalau menaruh Tuner dan Non Tuner di Field dan menjumlahkan level mereka supaya totalnya 8 itu sangat merepotkan, dan lebih gampang mensummon dan menumpuk 2 level 4 monster, jangan khawatir! Dark Rebellion Xyz Dragon hadir untuk menyelamatkan kita para pecinta R4NK! Hidup R4NK dan Emptiness tambahan!!!

Selain Dark Rebellion, Dragon's Bind juga bisa dicombo dengan Evolzar Laggia dan saudara kembarnya yang saya lupa namanya. Dolkka? Dollka? Atau Dolka? Anyway, kalau summon 2 level 4 juga merepotkan, cukup target Alexandrite Dragon (monster Normal random level 4 yang ATKnya 2000 itu) saja. Deck Xyz spam seperti EMEm biasanya harus Special Summon monster dengan ATK dibawah 2000 agar bisa Xyz.

Kelemahannya Dragon's Bind jelas terlihat dari batasan ATKnya. Batasan teersebut berarti seekor Construct dengan 2800 ATK appeared from nowhere bakal membuli Dragon's Bindmu.

Tsuisou no Tsubasa / Chasing Wings
Trap Continuous
Activate this card by targeting 1 Synchro Monster you control.
(1) That target cannot be destroyed by battle or by an opponent’s card effect.
(2) If that target battles a Level 5 or higher monster, at the start of the Damage Step: You can destroy that opponent’s monster, and if you do, until the end of this turn, that target gains ATK equal to that destroyed monster’s original ATK.
(3) If that target leaves the field, destroy this card.
Oke, Tsuisou no Tsubasa adalah support Synchro, hooray (walaupun gambarnya jelek)!!! Support Synchro jarang muncul, dan ketika muncul, tidak memberikan advantage langsung pada player melainkan hanya proteksi. Kartu ini hampir sama dengan Dragon's Bind karena membutukan monster spesifik di fieldmu. Bedanya adalah Dragon's Bind mengunci lawan sedangkan Tsubasa memproteksi monstermu. Kita semua tahu kalau efek yang mengunci atau menegate lawan lebih bagus daripada efek proteksi (melirik Shock Master, Emptiness, dan Skill Drain di Forbidden dan Limited List).

Reject Reborn
Trap Normal
(1) When an opponent’s monster declares a direct attack: End the Battle Phase, then you can Special Summon both 1 Tuner monster and 1 Synchro Monster from your Graveyard, but their effects are negated.
Reject Reborn merupakan lanjutan dari kisah Ha Des vs monster normal random yang saya lupa namanya. Kenapa Ha Des yang ATKnya 2450 tidak langsung membuli Normal Monster tersebut yang ATKnya bahkan tidak sampai 1500, no one knows. Teruskan saja pertarungan kalian guys, bahkan D.D. Warrior Lady sudah tenang menambatkan hatinya kepada Coach Goblin dan nggak tarung lagi vs Grepher. *sigh*

Oke, efeknya lumayan bagus, langsung +1 advantage dan revive Synchro dan Tunernya untuk akrobat lagi di turnmu berikutnya. Sayangnya lawanmu harus direct attack dulu untuk trigger ini. Saya tidak terlalu sering main Synchro, tapi biasanya decklist Synchro Spam yang saya lihat nggak ada trapnya sama sekali.

Sajin no Barrier – Dust Force – / Burying Mirror Force
Trap Normal
(1) When an opponent’s monster declares an attack: Change as many Attack Position monsters your opponent controls as possible to face-down Defense Position, and if you do, battle positions of the ones changed by this effect cannot be changed.
Mirror Force elemental yang keempat (atau kelima, kalau original Mirror Force dianggap sebagai Atribut LIGHT) adalah Mirror Force ala Ghostrick. Gambarnya keren. Gunakan di deck yang ingin ngelock board lawan, seperti Ghostrick, atau Ojama. Ah iya, kartu ini juga nggak narget dan nggak mendestroy monster lawan lho.

Jadi penasaran, Mirror Force water seperti apa ya efeknya kelak?

Pendulum Reborn
Trap Normal
(1) Special Summon 1 face-up Pendulum Monster from your Extra Deck, or 1 Pendulum Monster from your Graveyard.
Satu-satunya kelebihan Pendulum Reborn adalah efeknya tidak menarget. Kartu ini gunanya untuk berjaga-jaga kalau scale mu hancur dan kamu butuh monster di field. Tapi kalau deckmu pendulum, bukankah lebih baik slot di deckmu dipakai untuk kartu-kartu yang bisa mempercepat scale mu terpasang, sehingga kalau misalnya hancur, akan bisa dipasang ulang?

Kindan no Ihon / The Unspeakable Grimoire
Trap Normal
(1) Declare 1 Extra Deck Monster Card Type (Fusion, Synchro, or Xyz); each player sends all monsters of the declared card type they control to the Graveyard. There must be 2 or more face-up monsters of the declared card type on the field to activate and to resolve this effect.
Kindan no Ihon merupakan kartu Side Deck bagus, tapi tempatnya di Main Deck tergantung meta. Perhatikan bagaimana kartu ini tidak pengaruh ke Ritual lol. Kartu efektif agar lawan tidak swarming dengan tipe monster Extra tertentu. Not much to say here.

Kami no Tsuukoku / Solemn Notice
Trap Counter
(1) When either player would Special Summon a monster(s), OR activates a monster effect: Pay 1500 LP; negate the Special Summon or activation, and if you do, destroy it.
Awwwwwwrriiiiiiiiiiiigggggghhhhhtttttttt
Inilah kartu paling greget di BOSH, Solemn Notice! Selamat tinggal Black Horn, selamat tinggal Divine Wrath, sori kalian punah, tapi Notice memang lebih GG dibandingkan kalian berdua digabung jadi satu.

Cost 1500 sangat murah untuk menegate efek monster (efek yang paling seram akhir-akhir ini dibandingkan efek Spell atau Trap), tapi Notice juga bisa menegate Special Summon yang tidak start chain. Konami seperti, "Ah sepertinya nggak adil kalau cuma Majespecter yang punya Tempest, yuk kita beri semua deck Majespecter Tempest mereka sendiri!" Namun Notice lebih bagus dibandingkan Tempest karena Notice tidak membutuhkan WIND Spellcaster di fieldmu, cukup 1500 saja. Apalagi di BOSH juga ada Ariadne yang bakal mendiskon 1500 jadi 0, sedangkan cost Tempest tidak masuk dalam diskon besar-besarannya Ariadne (kelebihannya Tempest adalah dia kartu series Majespecter yang pastinya lebih mudah di search daripada Notice).

Nilai ke GG an: 4/5
Hal yang dinegate luas jangkauannya, costnya pun murah, bahkan lebih murah dari Solemn Warning yang efeknya (untuk meta ini), tidak lebih berguna dari Notice.

Nilai card design: 1/5
Jelek designnya, harusnya costnya lebih besar daripada 1500.

Art: 3/5
Ga jelas gambar cewe (?) yang disambar geledek itu.

Fu’un no Bakudan / Unlucky Blast
Trap Normal
You can only activate 1 “Unlucky Blast” per turn.
(1) Target 1 face-up monster your opponent controls; take damage equal to half its current ATK, then inflict damage to your opponent equal to the damage you took.
(2) If this card you control is destroyed by an opponent’s card (either by battle or by card effect) and sent to your Graveyard: Inflict 1000 damage to your opponent.
Kartu dengan nomor seri terakhir di BOSH Japanese adalah Goblin Attack Force main basket pakai bom. Mau niru Mad Dog ya?

Ring of Destruction lebih bagus efeknya daripada Fu'un karena monsternya juga tewas (kalau di deck biasa), tapi di deck Chain Burn mungkin kamu butuh monster tersebut tetap hidup untuk di Magic Cylinder atau dijadikan makanan Lava Golem. Efek keduanya pun membuat MST dan Night Beam random mati kutu. Pakai kartu ini di Chain Burn mu untuk mengagetkan teman-temanmu saat turnamen lokal. Hati-hati sama Denko Sekka ya.

Sekian dulu review BOSH untuk hari ini, fiuhhh. So, apa ada kartu yang ingin kamu coba (selain Notice)?

Kesan untuk kartu-kartu yang direview hari ini: 4/5 (Banyak kartu bagusnya)

See you next time! Wassalam~  

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -