Popular Post

Posted by : IFK 23 Jul 2012

Assalamualaikum
Bertemu lagi di bulan Ramadhan ini, saatnya kita melanjutkan review kita yang kemarin tentang kartu-kartu WATER terbaru! Jika kemarin kita membahas tentang pasukan Atlantean yang datang dari Legendary Ocean Atlantis, maka kali ini kita akan membahas tentang archtype Mermail yang datang dari Forgotten Metropolis Lemuria. Kedua archtype ini, dapat bekerjasama dengan baik, bahkan boss monster mereka pun (kelihatannya) merupakan 2 monster yang membentuk Gaioabyss. Now, let's meet them!

ABYR-JP014 - Rare
Mermail - Abysslinde
Water Aqua / Effect
LV3 1500/1200
If this card on the field is destroyed and sent to the Graveyard: You can Special Summon 1 "Mermail" monster from your Deck, except for "Mermail - Abysslinde". The effect of "Mermail - Abysslinde" can only be activated once per turn.

Salah satu kartu kunci dari deck Mermail. Abysslinde bisa mensearch Mermail lain apapun, bahkan Megaloabyss. Level Abysslinde juga menyebabkan dirinya dapat disearch dan direcycle oleh Abysspike dan Abyssturgeon. Dapat dikombinasikan dengan Abyssquall dan Abyssphere, yang akan memicu efek Abysslinde. Contoh penggunaannya adalah sebagai berikut: Gunakan Abyssphere untuk Special Summon Abysslinde. Kemudian saat Abyssphere hancur bersama Abysslinde di End Phase lawan, aktifkan efek Abysslinde untuk Special Summon 1 Mermail langsung dari deck. 


ABYR-JP015
Mermail - Abyssgunde
Water Aqua / Effect
LV3 1400/800
If this card is discarded to the Graveyard: You can target 1 "Mermail" monster in your Graveyard, except for "Mermail - Abyssgunde"; Special Summon that target. The effect of "Mermail - Abyssgunde" can only be activated once per turn.
Abyssgunde merupakan salah satu anggota kunci Mermail lainnya. Kegunaan Abyssgunde mirip dengan Atlantean, dimana efeknya dapat digunakan untuk mendapat advantage saat kita membayar cost untuk mengaktifkan efek Mermail lainnya. Abyssgunde, sama seperti Abysslinde, tidak dibatasi oleh level monster yang akan di Special Summon. Abyssgunde adalah Monster Reborn tambahan untuk Mermail, padahal nanti akan kita lihat bersama kalau Mermail sudah punya banyak kartu untuk Special Summon dari Graveyard. Tentu saja, Abyssgunde tetap sangat berguna dalam deck Mermail.


ABYR-JP016
Mermail - Abysshilde
Water Aqua / Effect
LV3 1300/400
If this card is sent to the Graveyard: You can Special Summon 1 "Mermail" monster from your hand, except for "Mermail - Abysshilde". The effect of "Mermail - Abysshilde" can only be activated once per turn.
Abysshilde sayangnya tidak sepenting Abysslinde dan Abyssgunde, karena efek Abysshilde tidak memberikan advantage apapun kepada kita, melainkan hanya swarm power saja. Jika kamu membuild deck Mermail, maka saran saya lebih baik kamu menggunakan Atlantean saja sebagai gantinya.


ABYR-JP017
Mermail - Abyssturgeon
Water Fish / Effect
LV4 1700/1100
When this card is Normal or Special Summoned: You can discard 1 WATER monster to target 1 Level 3 or lower WATER monster in your Graveyard; add that target to your hand. The effect of "Mermail - Abyssturgeon" can only be activated once per turn.
Abyssturgeon, dapat digunakan untuk merecycle Abysslinde dan Abyssgunde, atau Atlantean Marksman dan Armsman (kalau kamu menggunakan Atlantean). Ia juga dapat memicu efek Abyssgunde dan para Atlantean dengan discard costnya. Kartu yang cukup berguna yang berfungsi mirip seperti Salvage. 


ABYR-JP018 - Rare
Mermail - Abysspike
Water Fish / Effect
LV4 1600/800
When this card is Normal or Special Summoned: You can discard 1 WATER; add 1 Level 3 WATER monster from your Deck to your hand. The effect of "Mermail - Abysspike" can only be activated once per turn.

Abysspike adalah kartu yang cukup penting baik di deck Atlantean maupun Mermail. Di deck Atlantean, gunakan Abysspike untuk mensearch Undine. Di deck Mermail, gunakan Abysspike untuk mensearch Abysslinde dan Abyssgunde. 

ABYR-JP019
Mermail - Abysslung
Water Fish / Effect
LV4 1200/1800
Your opponent cannot target other WATER monsters for an attack. WATER monsters you control gain 300 ATK.
Abysslung... Yah kegunaan Abysslung adalah membuat lock dan memberikan ATK boost untuk monster WATER. Kartu yang lumayan bagus, sayangnya ada kartu yang lebih baik untuk dimasukkan ke dalam deck. 

ABYR-JP020 - (Super Rare)
Mermail - Megaloabyss
Water Sea Serpent / Effect
LV7 2400/1900
You can discard 2 other WATER monsters to the Graveyard; Special Summon this card from your hand. When Special Summoned by this effect: Add 1 "Abyss" Spell/Trap Card from your Deck to the hand. You can Release 1 other face-up Attack Position WATER monster you control; this card can attack twice during each Battle Phase this turn.
Monster Mermail terbesar di Main Deck. Efek Special Summon dari tangan Megaloabyss adalah efek Ignition, dapat digunakan untuk memicu efek dari monster-monster Atlantean. Lebih lagi, Megaloabyss sendiri adalah Sea Serpent, yang dapat disearch ke tangan lewat Cavalrymen. Kalau kamu membuild deck Atlantean, Megaloabyss adalah pilihan yang lebih baik sebagai boss monster daripada Poseidra. Megaloabyss juga berperan kalau kamu ingin mensummon Gaioabyss. Kalau kamu membuild deck Mermail, saya sarankan untuk selalu memakai Megaloabyss minimal 2 kopi.


ABYR-JP046 - Ultra Rare / Ultimate Rare
Mermail - Gaioabyss
Water Aqua / Xyz / Effect
RK7 2800/1600
2 Level 7 WATER monsters
While this face-up card has any Xyz Material, Level 5 or higher monsters cannot attack. Once per turn, during either player's turn: You can detach 1 Xyz Material from this card; negate the effects of all monsters your opponent controls whose ATK is lower than this card's ATK, until the End Phase.
Boss monster Xyz dari Mermail sekaligus Atlantean. Dapat disummon dengan mudah menggunakan 2 Megaloabyss. Efeknya yang membatasi monster Level 5 keatas mungkin akan mengingatkanmu pada efek Ophion, walaupun efek dari Gaioabyss tidak sekeren efek Ophion... Anyway, Gaioabyss sangat berguna untuk menghalau deck-deck penuh monster besar macam deck Dragon, sementara efek keduanya sangat mirip dengan efek Thor. Selalu gunakan minimal 1 kalau kamu membuild deck Mermail.

Sedikit pengingat bahwa beberapa boss deck WATER selalu berlevel 7, dan dapat digunakan untuk Xyz Material dari Gaioabyss. Deck Umi punya Daedalus, deck Fish punya Coelacanth, deck Atlantean punya Poseidra, dan tentu saja Mermail dengan Megaloabyssnya.


ABYR-JP056
Abysscale - Kraken (Depthscale - Kraken)
Spell Equip
Equip only to a "Mermail" monster. It gains 400 ATK. When a monster your opponent controls activates an effect: Negate that effect, then send this card to the Graveyard.
Kartu Spell/Trap Abyss pertama yang direview kali ini, Abysscale dapat diseacrh oleh Megaloabyss. Pada awalnya efeknya terlihat sangat bagus, namun kalau diperhatikan lebih teliti, Abysscale memiliki 2 kelemahan. Kelemahan pertama adalah efeknya mandatory, jadi mirip seperti Doomcaliber Knight karena kita tidak bisa memilih efek monster lawan mana yang akan kita negate atau yang tidak. Kelemahan kedua adalah monster yang dinegate tidak didestroy oleh Abysscale, jadi jika monster tersebut adalah monster yang bisa mengaktifkan efek berkali-kali seperti Brionac dan DAD, Abysscale tidak akan banyak berguna. Namun walaupun dengan kelemahan-kelemahan tersebut, Abysscale tetap merupakan pilihan yang cukup baik untuk dimasukkan ke dalam deck.


ABYR-JP057
Boukyaku no Miyako Lemuria (Forgotten Metropolis of Lemuria)
Spell Field
This card's name is treated as "Umi". WATER monsters gain 200 ATK and DEF. Once per turn: You can activate this effect; while this card is face-up, increase the Levels of WATER monsters you control by the number of WATER monsters you control, until the End Phase.
Lemuria, merupakan Field Umi terbaru, dan digunakan untuk Xyz Summon. Dengan kartu ini, kita dapat Xyz Summon monster-monster Xyz Rank tinggi dengan mudah. Dengan 2 Level 4 Monster kita dapat Xyz Summon Rank 6. 3 Level 4 memberi kita kemampuan untuk mensummon Rank 7, dan seterusnya.


ABYR-JP071
Abyssquall (Depthsquall)
Trap Normal
Target 3 "Mermail" monsters in your Graveyard; Special Summon those targets in face-up Defense Position, but their effects on the field are negated, cannot declare an attack, and are destroyed during the End Phase.
Kegunaan Abyssquall di deck Mermail mirip dengan kegunaan Roar of the Atlantean Lord di deck Atlantean. Bedanya, gunakan Abyssquall di turnmu (Roar lebih baik digunakan di turn lawan). Gunakan monster yang di Special Summon oleh Abyssqual untuk menyerang lawan, atau Xyz Summon. Trik lain yang dapat digunakan adalah memanggil Abysslinde. Di End Phase saat Abysslinde hancur karena efek Abyssquall kita akan dapat Special Summon 1 Mermail dari deck.


ABYR-JP072
Abyssphere (Depthsphere)
Trap Continuous
Special Summon 1 "Mermail" monster from your Deck. Its effects are negated. You cannot activate Spell Cards. when this card leaves the field, destroy that monster. Destroy this card during your opponent's next End Phase after activation.
Abyssphere, kartu kunci terakhir di deck Mermail yang akan dibahas kali ini. Gunakan seperti Abyssquall, bedanya, Abyssphere tidak membutuhkan Graveyard setup lebih dulu, sehingga kalau kamu bingung memilih antara Abyssquall dan Abyssphere di deck karena space yang sempit, saya sarankan untuk memilih Abyssphere.


ABYR-JP073
Abysstrom (Depthstrom)
Trap Normal
Send 1 face-up "Umi" you control to the Graveyard; send all Spell/Trap Cards on the field to the Graveyard.
Abysstrom merupakan kartu terakhir yang kita bahas di tulisan kali ini. Sama seperti kartu-kartu Spell/Trap Mermail yang lain, Abysstrom dapat disearch oleh Megaloabyss. Namun, Abysstrom berbeda dengan Spell/Trap Abyss lain yang merupakan support Mermail karena Abysstrom adalah kartu yang Umi-centered. Efeknya sangat menarik karena dapat menghindari Starlight Road (perhatikan teksnya, Abysstrom tidak mendestroy, melainkan hanya men-send saja). Tentu saja jika kamu ingin menggunakan kartu ini maka saya sarankan untuk membuild deck yang juga menggunakan 3 kopi Forgotten Temple of the Deep karena kartu itu juga dianggap sebagai Umi, dan dapat digunakan untuk membayar cost dari Abysstrom.

Sekian tulisan mengenai Mermail kali ini, di artikel berikutnya saya akan menulis tentang basic skeleton dari deck Atlantean dan Mermail (Jika kamu sudah membaca artikel tentang Atlantean dan Mermail dengan seksama pasti kamu sudah bisa menebak kartu-kartu apa saja yang merupakan kartu penting dan yang tidak). Wassalam.

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -