Popular Post

Posted by : IFK 7 Nov 2013

 Raja Api dan Masalah yang Dihadapinya
Deck kali ini yang akan kita bahas adalah deck Fire King. Bagi teman-teman yang belum tahu deck macam apa Fire King itu, deck ini bertujuan mensummon dan membully lawan dengan "Fire King High Avatar Garunix". Garunix adalah seekor garuda yang memiliki kemampuan phoenix untuk hidup kembali setelah tewas, dan dalam kasus Garunix, hidup kembali setelah "destroyed by a card effect". Jika dia hidup kembali, maka Garunix akan menghancurkan semua monster lain di field tanpa ampun, kawan maupun lawan! Garunix, yang menjadi boss kita di deck ini, akan kita panggil dengan mudah menggunakan "Onslaught of the Fire King".

Summon Garunix next turn Dark Hole..
gg?



Kenapa sekarang kita akan membahas Fire King? Karena kebanyakan kartu Fire King minus dalam hal card advantage untuk mengaktifkan efek mereka, yang jika taktik tersebut dapat dihentikan oleh lawan, maka player Fire King akan cukup sulit untuk menyusul card advantage lawan. Contoh dari minus advantage Fire King adalah "Circle of the Fire King" dan "Fire King Avatar Yaksha" (Fire King Avatar Kirin juga -1, tapi dia jarang digunakan, kasihan).


Ketika kita mengaktifkan Circle (-1), kita menghancurkan 1 monster kita (-1 lagi) dan mendapatkan satu monster lain (+1), total advantagenya -1. Walau Circle tidak akan minus saat kita mengaktifkannya untuk menghindarkan Fire King kita dari kartu lawan (misal Bottomless Trap Hole), tapi yang pasti Circle tidak akan pernah menghasilkan plus dengan sendirinya.
okay..

Sementara Yaksha baru aktif ketika dia destroyed (-1), kemudian dia akan menghancurkan satu lagi monster kita di hand, biasanya Garunix atau Fire King Avatar Barong (-1 lagi), total advantagenya -2, walaupun di Standby Phase berikutnya kita mungkin akan mendapat plus advantage dari Garunix (minimal harus menghancurkan 1 monster agar impas) atau Barong (tetap -1), tapi itu semua baru terjadi pada turn berikutnya.

Solusi dari masalah card advantage diatas adalah dengan menggunakan engine yang bisa menghasilkan card advantage
i know that feeling..i know..

Kelemahan lain Fire King adalah ketergantungan mereka pada Garunix sebagai sumber utama card advantage, dan seperti yang telah disebutkan diatas, duelist Fire King akan mengorbankan card advantage untuk bisa mengaktifkan efek Garunix. Saat Garunix dihentikan D.D. Crow lawan, maka duelist Fire King seperti terhenti setidaknya untuk 1-2 turn untuk merecover card advantage mereka, cukup waktu untuk dihabisi oleh lawan.

Solusi untuk kedua masalah ini cukup mudah; habisi kartu lawan dengan advantage engine selain Garunix, sehingga ketika Garunix muncul kartu-kartu lawan yang dapat digunakan untuk menghentikan Garunix telah habis. Prinsip ini juga telah digunakan di deck Chaos Dragon; Lyla dan Ryko akan membersihkan kartu-kartu bermasalah, sehingga ketika para Dragon turun ke arena resource lawan sudah habis.

Di deck ini kita akan menggunakan "Brotherhood of the Fire Fist - Dragon" sebagai penghasil advantage. Bagi teman-teman yang belum tahu efek dari BFF Dragon, dia bisa mengambil 1 Trap Fire Formation dari deck setiap ada Fire FOrmation diaktifkan. Jadi setiap Fire Formation yang kita aktifkan akan menjadi +1. Tidak itu saja, Dragon juga akan membuat efek terakhir dari "Brotherhood of the Fire Fist - Tiger King" dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, memertahankan advantage yang kita miliki.
garuda + phoenix?? yes please..


Garuda Phoenix and Dragon
ignore side d*ck

2 Fire King High Avatar Garunix
3 Fire King Avatar Barong
1 Fire King Avatar Yaksha
3 Brotherhood of the Fire Fist - Bear
1 Brotherhood of the Fire Fist- Gorila
3 Brotherhood of the Fire Fist - Dragon
2 Wolfbark
3 Maxx "C"

3 Onslaught of the Fire King
2 Fire Formation - Tenki
3 Fire Formation - Tensu
3 Mystical Space Typhoon
1 Dark Hole

2 Call of the Haunted
1 Torrential Tribute
1 Compulsory Evacuation Device
2 Safe Zone
3 Fire Formation - Tensen
1 Fire Formation - Kaiyou

Extra Deck
3 Brotherhood of the Fire Fist - Tiger King
2 Brotherhood of the Fire Fist - Cardinal
1 Felgrand Dragoon
1 Diamond Dire Wolf
1 Blackship of Corn
1 Daigusto Emeral
1 Maestroke
1 Bujintei Kagutsuchi
1 Utopia
1 Gagaga Cowboy
1 Abyss Dweller
1 Lavalval Chain

Kenapa Begini, Kenapa Begitu?
- Cukup 2 Garunix untuk memperkecil chance Garunix di draw, kita ingin dia tetap di deck agar bisa disummon dengan Onslaught.
- Cukup 1 Yaksha karena seperti dibahas diatas, efek Yaksha itu minus, tapi dia tetap dibutuhkan untuk trigger Garunix yang ada di hand kita. Karena di deck ini kita hanya memakai 2 Garunix untuk meminimalisir kemungkinan hal tersebut terjadi, maka 1 Yaksha saja cukup, toh ia bisa disearch cukup mudah.
- 3 Dragon karena dia adalah cara kita untuk mendapatkan advantage tanpa Garunix.
- 2 Wolfbark saja walaupun dia bisa menghasilkan plus tiap turn, namun di opening hand dia tidak berguna.
- Maxx "C"/Veiler, jumlahnya sesuaikan dengan kebutuhan saja. Bisa juga diganti dengan Breakthrough Skill atau Fiendish Chain.
- 3 Tensu untuk trigger efek Dragon.
- 0 Circle... Karena Circle itu minus, dan perannya dapat digantikan oleh 2 kartu berikut:
- 2 Call of the Haunted, menghidupkan monster dari Graveyard dan dapat trigger efek Fire King kalau dichain ke S/T removal lawan.
 - 2 Safe Zone, untuk melindungi Garunix, Dragon dan Wolfbark (advantage engine kita). Ketika set Safe Zone mu akan dihancurkan oleh S/T removal lawan maka kamu memiliki 2 pilihan:
1. Aktifkan Safe Zone, target monster lawan sehingga mereka -1.
2. Aktifkan Safe Zone, target Fire King kita untuk trigger efeknya.
- 1 Kaiyou adalah target tambahan untuk Dragon. Kenapa bukan Tenken? Karena Tenken harus diaktifkan di Main Phase 1, dan jika hanya ada Dragon di field kita, Tenken akan menegate efeknya, dan Dragon tidak akan search 1 Trap dari deck, padahal itulah salah satu kelebihan build ini... Singkatnya, Tenken sucks.

How to Play
Summon Dragon, aktifkan Spell Fire Formation untuk +1, atau jika yang kamu punya hanyalah Trap Fire Formation, set kartu tersebut. Saat draw phase lawan, aktifkan Trap tersebut untuk mendapat +1. Kamu juga bisa menunggu lawan declare attack kalau kamu yakin Dragon tidak akan tewas lebih dulu, karena Dragon baru search setelah chain dimana Fire Formation aktif selesai resolve, seperti Wind-Up Factory. Misalkan lawan mengaktifkan Dark Hole dan kamu menchain Tensen, Dragon tidak akan search karena dia sudah tewas saat Dark Hole dan Tensen selesai resolve.

Cobalah mensummon Tiger King untuk saat Fire Formationmu ada 2-3 buah (lebih baik saat ada 3). Saat Tiger King tewas, buang 3 Fire Formation tersebut untuk mensummon 2 monster dengan ATK 1800 (Dragon dan/atau Fire King) atau ATK 1600 (Bear dan/atau Wolfbark). Ingat bahwa efek mereka tidak di negate dan bisa kamu manfaatkan. Efek Wolfbark hanya bisa sekali, jadi jangan mensummon 2 Wolfbark. Jika kamu mensummon 2 Fire Fist, maka kamu bisa Xyz Summon Cardinal turn berikutnya untuk recycle Fire Formationmu di Graveyard.

Saat lawan mempunyai lebih dari 1 monster di field, aktifkan Onslaught untuk mensummon Garunix. Lebih banyak monster berarti Garunix juga menghasilkan card advantage lebih banyak saat dia hidup kembali. Manfaatkan Safe Zone untuk melindungi Garunix, kebanyakan lawan akan berusaha untuk menghancurkan Safe Zone lebih dulu, hal itu akan menghancurkan Garunix dan trigger efeknya.

Weakness
Spellbook of Fate dan Tiaramisu (hell yeah!) bisa menghabisi Safe Zone dan Garunix dengan mudah. Karena itu pakailah side deckmu untuk mengatasi kedua deck tersebut. Gunakan Imperial Iron Wall untuk mengatasi Spellbook, sedangkan Madolche dapat diatasi dengan menghancurkan Madolche Ticket dan Chateau, sumber advantage mereka, atau Skill Drain pada Tiaramisu.

telah ditemukan orang yang bercosplay menjadi IFK
siapa dia? jeng..jeng..jeng..
Sekian pembahasan deck kali ini, wassalam!

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Wah sungguh menarik penjelasannya..ditunggu ya update selanjutnya..

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -