Popular Post

Posted by : Anonim 25 Nov 2013

Assalamu`alaikum Wr.Wb.

Haloo kk-kk PROOO...ketemu lagi dengan saya Chinmi, duelist biasa saja dan perlu banyak belajar. Sesuai dengan topiknya, kali ini saya akan membahas duelist PRO dan duelist sejati. Sebetulnya ini lebih kepada hati saya yang tergerak untuk membuat tulisan ini. Saya merasa miris juga dengan duelist era Kurohige dan Joker ini, bahkan menurut saya sedikit sekali dan hampir tidak ada yang dapat memaknai arti duel itu sebenarnya.

Baiklah langsung saja ya pembahasannya sebagai berikut...

Ok. Awal mulanya saya bingung juga sih menentukan seperti apa "PRO" dan "sejati" itu sendiri, kemudian akhirnya saya mewawancarai beberapa narasumber yang menurut saya PRO dan sejati.

Duelist Pro itu seperti apa sih??

  • Yeyen F.Rianto
"Bagi duelist profesional, yang terpenting adalah memenangkan duel ataupun kompetisi agar diakui sebagai duelist papan atas yang pernah berlaga dimana-mana".
  • Yami Lx Schifer
"Duelist pro itu lihai". 
  • KK Dew*
"Saya masih Newbie kk, belum prrooo...
Duelist Pro = duelist yang bisa mengatasi deck lawan".
  • IFK
"Banyak sekali orang indo yang salah ketika mengartikan "Pro". Saat ada frase "pesepakbola profesional", atau "petenis pro", artinya adalah pesepakbola/petenis yang menjadikan olahraga tersebut sebagai profesinya. Artinya dia dapet duit dari olahraga tersebut. Game tersebut adalah pekerjaannya. Adakah duelist pro dalam arti sebenarnya? Ngga ada. Yang ada adalah pergeseran arti, arti pro berubah dari "profesi" menjadi "ahli".

"orang itu jago duel, dia pro banged"

kemudian tentunya "pro" ini bergeser lagi jadi seperti sebuah ejekan, ketika orang yang dibilang pro tersebut sebenarnya juga ga seberapa jago. Karena itu aq bilang kalo duelist pro itu adalah duelist yang sering ikut turney, demi mendapat prizenya. Dia akan melakukan apapun untuk menjuarai turnamen tersebut".

Kalo Duelist Sejati?
  • Yeyen F.Rianto
"Bagiku seorang duelist adalah seorang yang gemar bermain yugi dengan deck yang dia cintai. Sedangkan duelist sejati adalah seorang duelist yang berduel dengan sepenuh hati dengan deck yang dia cintai". 
"Duelist sejati lebih mementingkan proses, sedangkan duelist profesional hanya mementingkan hasilnya".
"Duelist yang meremehkan duelist yang lainnya, baik deck, cara maupun karakter duelist lain, itu bukan duelist sejati. Duelist yang berduel hanya demi kepentingan pribadi, menghalalkan segala cara untuk meraih kemenangan dan bahkan melecehkan yang dia kalahkan pun bukanlah duelist sejati".
  • Yami Lx Schifer
"Gak tau".
  • KK Dew*
"Duelist sejati itu bisa mengalahkan deck lawan. Bisa membaca deck lawan dan melihat langkah kedepan".
  • IFK
"Duelist sejati? kalo menurut anime dan manganya sih, duelist sejati adalah duelist yang tidak pernah menolak tantangan yang diarahkan padanya oleh siapapun. Duelist sejati tak pilih-pilih lawan".

Apa syarat menjadi Duelist Pro dan Duelist Sejati??
  • Yeyen F.Rianto
"Duelist sejati itu diakui oleh duelist lainnya sebagai duelist karena karakternya. Sedangkan duelist profesional membutuhkan pengakuan atas kemenangannya".
  • Yami Lx Schifer
"Punya exp yang banyak". (level MAX).
  • KK Dew*
"Karena saya masih newbie beud, jadi saya belum mengetahui secara mendetail".
  • IFK
"Duelist pro dilihat dari penampilan luar, apakah orang itu gemar turney atau tidak. Hanya turney lah yang menjadi tujuan akhirnya".

"Sementara duelist sejati, walau ia juga ikut turney, tujuannya adalah bermain melawan orang lain. Dia ingin melawan orang lain sebanyak-banyaknya. DIa ingin menambah teman lewat pertandingan, seperti yang diharapkan oleh pencipta game yang kita sayangi, Takahasi-sensei".

1. Hidup sebagai Duelist Pro
Well...terkait pendapat kk-kk PROOO tersebut diatas, mungkin saya bisa memberikan pendapat dan kesimpulan sendiri ya..

saya setuju dan memang benar notabene saat ini sudah terjadi pergeseran makna dari kata "pro" itu sendiri, yang awalnya adalah "profesi" menjadi "lihai/ahli/profesional". Untuk menjadi duelist pro, kita harus ikut berbagai turnament yang ada, sering memenangkan turnament supaya dikenal oleh duelist lain. Selain itu, duelist pro ikut turnament untuk mendapatkan hadiah atau prize yang ada. Baru kita bisa dikatakan sebagai seorang PRO.

turni fee mahal, hadiah gak menarik..mending main gitar ah..
Karena sudah mulai PRO, akhirnya jadi pilih-pilih lawan duel, males lawan keroco, males ikutan turni yang "hoamz". Padahal, tujuan kita menjadi duelist itu apa?? ikut turnament dikejar rasa keinginan untuk menang, mendapat hadiah mahal, dll. akhirnya yang gak kuat mental akan melakukan segala cara untuk menang. Yah..misalnya saja melakukan "cheating", ngetroll gak jelas. Lhoo gimana sih?katanya PROO?? Kenapa bisa seperti ini?

Memang menurut saya pribadi agak sulit memberikan gambaran "apakah" dan "bagaimanakah" duelist pro itu bisa menjadi duelist yang sejati juga. Namun mungkin saya akan mencoba menjelaskan sedikit.

  • Apakah bisa duelist pro menjadi duelist sejati?

kalo ditanya begini ya jawabannya sih kembali ke diri masing" duelist itu ya, apakah duelist tersebut hanya mementingkan profesionalisme saja ataukah dengan tujuan ingin menjadi seorang duelist yang sejati, tentu saja penilaian dari orang lain akan berbeda lagi, Tetapi tidak menutup kemungkinan kalo duelist pro itu tidak bisa menjadi duelist sejati.

  • Bagaimanakah duelist pro itu bisa menjadi duelist sejati?

berkaitan dengan hal ini..ya yang pertama itu keinginan dari diri duelist tersebut ya, tidak bisa dipaksakan kehendaknya juga. Kalo udah ada niatan dan tujuan menjadi duelist pro yang sejati, ya pasti akan dilakuin dan akan tampak dengan sendirinya dari sikap dan perbuatan duelist tersebut.

2. Hidup sebagai Duelist Sejati
Tidak terlepas juga dari pendapat kk-kk sejati diatas, menurut saya seorang duelist sejati itu dilihat dari kesiapan hati dan mentalnya. Duelist sejati bisa jadi dia diakui sebagai duelist yang PRO, tapi duelist yang mengaku PRO belum tentu dia duelist sejati.

Bagaimana sih mengukur seseorang duelist menjadi duelist sejati??

  • Laki Tak Pilih-Pilih Lawan
Tidak peduli mau lawan peduel yang bagaimana, gak peduli orangnya suka ngetroll, suka curang, gak pake alasan bla..bla..bla..langsung sikat! karena duelist sejati gak pilih-pilih lawan.

  • Hargai Duelist Lainnya
Tolong hargai hoi berapapun harganya! duelist juga manusia, bisa sakit hati juga kalo diejek decknya cupu lah, keroco lah, karena deck itu dibuat dengan sepenuh hati, beli susah-susah nabung dulu puasa 1 bulan cuma makan sarimi duo dobel 1 kardus, waktu diajak duel malah ditolak, apalagi diejek. Duelist sejati itu duelist yang punya hati.

  • Seberapa Banyak Teman Duelist Kamu
Maksudnya disini adalah seberapa banyak teman yang menantikan ingin berduel denganmu, bukan karena dendam, tapi karena duel denganmu serasa sangat mengasyikkan dan merasa senang setelah duel denganmu. karena, tujuan sebenarnya dari duelist sejati adalah menambah teman melalui sebuah duel. Tidak perduli di duel biasa, maupun dalam sebuah turnament, kalah-menang waktu duel bukan menjadi masalah. 

Jadi, kalian pada termasuk duelist yang mana??
hanya kalian sendiri yang mengetahui jawabanya ya!

Baiklah, mungkin itu saja penjelasan dari saya. Gak banyak-banyak amat sih tapi semoga bisa mencakup semua pembahasan. Semoga dari tulisan saya ini, perasaan saya dapat lebih tersampaikan kepada seluruh duelist yang membaca artikel ini. Jika ada komentar, tambahan, saran, kritik, baik untuk postingan ini ataupun saya, silahkan komentar aja ya. 

Terima kasih kepada narasumber yang sudah meluangkan waktunya untuk saya wawancarai.
Akhir kata, saya Chinmi mohon maaf jika ada salah kata, saya bukan duelist yang sempurna dan kesempurnaan itu milik Yami Yugi semata. 
Wassalamu`alaikum Wr.Wb.

"Buatlah deck yang menjadikanmu mempunyai banyak teman, bukan karena segan tetapi karena senang. Buatlah deck yang menjadikanmu piawai dalam berduel, tak begitu menakutkan tetapi sulit dikalahkan. Kau lebih tahu bagaimana deck yang sesuai untukmu. Jangan takut kalah, tapi jangan mau dikalahkan. Itulah mental seorang juara".

{ 4 comments... read them below or Comment }

  1. "Buatlah deck yang menjadikanmu mempunyai banyak teman, bukan karena segan tetapi karena senang. Buatlah deck yang menjadikanmu piawai dalam berduel, tak begitu menakutkan tetapi sulit dikalahkan. Kau lebih tahu bagaimana deck yang sesuai untukmu. Jangan takut kalah, tapi jangan mau dikalahkan. Itulah mental seorang juara".

    supeeeeeeeeeerrrrr mas :D

    BalasHapus
  2. BULLSHIT

    duelist pro itu orang yang jualan kartu , yang main dan habis - habisin uang itu namanya player

    BalasHapus
  3. Duelist sejati adalah duelist yang terpilih. Erabareta dyuerisuto tachi-yo!

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -