Popular Post

Posted by : Anonim 26 Sep 2014

Assalamu`alaikum Wr.Wb.

Ok, opening seperti biasa~
Kembali lagi bersama saya Chinmi, yang selalu ingin dicinta Esde..ehem! maksud saya Miku.

ya ya ya, Miku Only!

Kali ini saya ingin membahas artikel tentang banlist terbaru! Ok karena rencananya saya akan membaginya kedalam 3 part ya (bagian limited, semi-limited, dan unlimited). Sesuai judulnya dalam artikel kali ini saya akan membahas bagian limitednya terlebih dahulu, entah tentang "why" harus limit?? efek dan dampaknya terhadap deck-deck yang ada, dan lains sebagainya. Karena biasanya, sesuatu yang di limit itu emang selalu bikin greget.

Bagi kalian yang belum sempet ngelihat banlistnya, ini monggo di cek dulu disini :

Banlist Oktober 2014

Bagi yang internetnya keroco sampe bikin narator yang lama berganti dengan narator yang baru, ini saya listkan sekalian :

Limited :
Glow-Up Bulb
Infernity Archfiend
Raigeki
Soul Charge
Super Polymerization

Semi-Limited :
Blackwing-Gale the Whirlwind
Gorz the Emissary of Darkness
Ceasefire
The Transmigration Prophecy

Unlimited :
Coach Soldier Wolfbark
Magician of Faith
Formula synchron
Reonforcement of the Army

Nah~ sudah kalian lihat?sudah mulai terbayangkan kenapa banlistnya begitu?hehe..
Ok saya akan mencoba mengulasnya, berawal dari Limited Banlist. Menarik sekali melihat ada 2 kartu yang berasal dari Forbidden yang akhirnya lepas dari Forbidden.

1. Glow-Up Bulb (From Forbidden to Limited)


yeah setelah sekian lama, akhirnya mekar juga. Betul! ini tanaman pernah masuk jajaran Forbidden, dan sekarang turun menjadi limited. Dulu sempat ke forbid karena 3 hal :
a. karena dia tuner,
b. karena dia level 1,
c. karena dia punya efek!

Ya intinya efeknya tidak memberikan minus sama sekali, bahkan bisa memberikan advantage!
Kalo kalian masih ingat jaman-jaman synchro sentric, dengan fap-fapnya yang menggila (TGHL Formula Avarice), atau mungkin plant synchro, karakuri machina plant, kartu ini bisa dibilang menjadi salah satu kuncinya. Kalo menurut saya, kartu ini hebat dan layak masuk forbidden.

Lantas kenapa sekarang lepas limited?

Alasan pertama yang terlintas dibenak saya adalah mungkin untuk menyeimbangkan antara synchro dengan kartu lainnya (Xyz, Fusion, Ritual). Jadi building deck akan lebih bervariasi lagi! Broken?nggak juga sih, dengan hadirnya meta-meta baru hanya akan membuatnya menjadi lebih balance.
Kartu ini memang general bisa dipake di semua deck sih, tapi kegunaannya sendiri hanya dapat maksimal di deck-deck tertentu saja.

Alasan kedua adalah karena kartu macam ginian atau deck-deck yang maksimal dengan adanya kartu ini, masih bisa kena siding. Misalnya saja Maxx "C" dan D.D. Crow, atau dipanjerin Emptyness? suka-suka kalian dah.

Alasan ketiga adalah kalo pake 3 copy ntar malah "cepet keluarnya", dilimit aja masih "cepet keluarnya" kok.

Deck-deck yang bisa dimasukin...ya dimasukin ama si Bulb apa aja?

A. Synchro Sentric/Synchro Based Deck

anyone miss me??
yak, seperti yang sudah saya singgung di atas, Bulb menjadi salah satu kunci untuk spam synchro lebih banyak. Dan apakah bisa bersaing dengan Meta-meta yang ada sekarang? kita tunggu kabarnya.

B. Karakuri

Burei yang berubah menjadi Bureido pas ada Bulb

Seperti biasa, much more Synchro kalo ada Bulb, Dan bahkan menurut saya akan lebih simple lagi bisa akses Synchro ke level berapa aja.

C. Sylvan

keluarga cendana
Bersama dengan spore dan copy plant, sangat memungkinkan untuk akses Synchro Formula sampai Star Eater sekalipun. Jadi playstyle yang ada bisa lebih unpredictable.

D. Scrap


Lagi-lagi kegunaanya untuk akses Synchro yang lebih mudah. Emang mau dipake apalagi kalo nggak di pake Synchro??tribute summon?? boleh sih, tribute aja buat normal summon Scrap Golem biar greget.

2. Infernity Archfiend (From Unlimited to Limited)


Pertanyaan dari saya, KENAPA NGGAK DARI DULU??
oh ya, setelah juara dunia baru kena, masuk akal...
Dia merupakan kartu kunci yang bisa search Infernity CARD lho! Launcher dan Barrier yang limit meski ada di bottom deck ya bisa aja di ambil!
Apalagi dengan hardirnya kartu Xyz, nggak main synchro pun nggak masalah, masih bisa spam Xyz, apalagi kombinasinya dengan penggunaan Soul Charge yang akan saya ulas setelah ini.

Dampak :
Sudah jelas kepada deck Infernity, speed dan konsistensinya akan berkurang (lagi).

3. Soul Charge (From Unlimited to Limited)


Memang layak untuk di limit, Cost yang 1000 per monster dan restriksi nggak bisa Battle Phase itu bukan apa-apa dibandingkan dengan advantage yang ditimbulkan olehnya! Bisa instant Xyz, Synchro segala macem. Bayangin aja, cuma modal 1 kartu doank, Field kamu bisa penuh dengan beberapa monster sekaligus.
Selain itu?? Penggunaannya yang hampir bisa dipakai di segala macam jenis deck inilah juga membuat Soul Charge layak untuk dilimit.

Dampak :

Segala jenis deck yang pake Soul Charge, advantage dan speednya akan berkurang. Apalagi dalam deck-deck semacam LS Ruler, Infernity, Satellar yang mejadikan Soul charge sebagai sumber advantage utamanya.

4. Raigeki (From Forbidden to Limited)


Wow! saya bilang WOW! sejak jaman Pharaoh, akhirnya lepas juga.

Alasan :
Dark Hole aja orang-orang banyak yang nggak make, kenapa? karena banyak monster yang nggak ngaruh atau menjadi minus apabila di destroy by card effect, apalagi dengan hadirnya meta baru (Shadoll, Burning Abyss, bahkan pendulum yang bisa di summon di tiap turnnya!)
Jadi udah selayaknya donk jadi limit, meskipun menurut saya masih sangat Imba, costnya yang gampang, yang ancur monsternya lawan doank pula!

Dampak :
Mungkin ada beberapa yang akan menggunakan kartu ini di decknya, karena kartu ini juga merupakan kartu pembalik keadaan di saat "terjepit" dan "terdesak". Namun itu semua akan kembali lagi kepada player choice deh mau pake ato nggak.

Dampak yang begitu terasa mungkin bagi duelist yang decknya nggak anti sama Raigeki, Membuat jadi was-was, mual-mual, sariawan dan bibir pecah-pecah? jangan kuatir karena saya ada kartu mujarab buat lawan Raigeki!

yang nggak ngerti kartu ini berarti duelist dari masa depan!
Efektif??tentu saja nggak sih, kecuali di daerahmu pada main deck Raigeki semua haha.. Saya lebih prefer Starlight Road dan Huge Revoluton is Over. Tapi kembali lagi, semua kartu Yugioh itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, so it`s player Choice.

5. Super Polymerization (From Unlimited to Limited)


Alasan :
The Hell??kartu yang nyebelin juga, Quick Spell yang bisa ngambil fuse material dari field lawan plus lawan nggak bisa chain untuk respon aktivasi ini kartu. Gile lu ndro??trap counter macem magic jammer pun nggak bisa negate! So sudah sewajarnya sih menurut saya untuk masuk jajaran limit. Bisa ngatasin beberapa masalah lock seperti Naturia Beast, LaDD, Herald of Perfection, dll.

Dampak :
Sudah jelas untuk deck yang berbasis Fusion seperti HERO, dan juga Shadoll akan terkena dampaknya. Baik digunakan dalam Main Deck maupun Side Deck. Dengan dilimitnya SuPol ini, semoga menjadikan meta lebih balance lagi.

Okee itu tadi sedikit bahasan dari saya, sampai jumpa di Part 2!
Wassalamu`alaikum Wr.Wb.

"Kita harus mensyukuri apa yang kita punya saat ini, karena mungkin orang lain belum tentu mempunyainya."
(Kayaba Akihiko - Sword Art Online)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -