Popular Post

Posted by : Anonim 15 Sep 2014

Assalamu`alaikum Wr.Wb

Apa kabar rek??sehat-sehat aja kah? hehe..setelah cukup lama nggak nulis akhirnya ada bahan buat nulis artikel nih! kali ini saya akan membahas deck profile yang menurut saya cukup menarik. Why?? karena di tengah maraknya meta-meta baru seperti Shaddoll, Burning Abyss, Satellar, ternyata deck yang satu ini masih mampu bersaing dan menunjukkan eksistensinya dengan menjadi juara pertama!

Apalagi kalo bukan Mermail! that`s right...Mermail..

^Bagi kalian yang penasaran Mermail itu seperti apa,
plis rek semua itu nggak seperti yang kalian bayangkan

Yak terlepas dari wujud mermail diatas, yuk kita liat dulu deck nya seperti apa :


sekalian saya list deh mumpung lagi baik hati hehe...

Monster :
2x Genex Controller
1x Atlantean Dragoon
1x Atlantean Heavy Infantry
3x Atlantean Marksman
1x Dragon Ice
2x Genex Undine
1x Mermail Abyssgunde
1x Mermail Abyssleed
3x Mermail Abyssgunde
1x Mermail Abyssmegalo
3x Mermail Abysspike
3x Mermail Abyssteus
1x Mermail Abyssturge
1x Tidal, Dragon Ruler of Waterfall

Spell :
1x Allure of Darkness
1x Gold Sarchopagus
2x Mystical Space Typhoon
2x Salvage
1x Soul Charge

Trap :
3x Abyss-sphere (not Abyss-sphare Mi..Ya! kamu Fahmi!)
2x Breaktrough Skill
2x Phoenix Wing Wind Blast
1x Torrential Reborn
2x Vanity Emptyness

Side Deck :
2x D.D. Crow
2x Majesty Fiend
2x Maxx "C"
1x Mystical Space Typhoon
2x Light Imprisonging Mirror
2x Shadow Imprisoning Mirror
3x Trap Stun
1x Vanity Emptyness

Extra Deck :
1x Black Rose Dragon
1x Goyo Guardian
1x Leoh, Keeper of Sacred Tree
1x Scrap Dragon
1x Abyss Dweller
1x Bahamut Shark
1x Evilswarm Exciton
1x Ghostrick Alucard
1x Lavalval Chain
1x Mecha Phantom Beast Dragossack
1x Mermail Abyssgaios
1x Mermail Abyssrite
1x No.101 Silent Honor ARK
1x No.11 Big Eye
1x Nightmare Shark

Deck Analysis :

Monster :
Ok kalo menurut saya, untuk mermailnya nggak ada yang menarik perhatian khusus sih soalnya buildnya ya itu-itu aja dari kebanyakan player, nggak ada ketambahan sesuatu yang lain.

1. Duo Genex
Mungkin untuk duo Genex (Undine dan Controller) just make 2, karena 3 itu kebanyakan. Emang sih Undine sekali summon bisa ngambil advantage, tapi advantagenya itu berupa Controller yang kegunaannya sedikit sekali. Kalo nggak di Normal Summon di giliran berikutnya, dibuat Banish Allure, Cost Dragon Ice ato Discard cost Phoenix wing deh! Belum lagi jatah Undine yang mesti ancur dengan Atk-nya yang kecil, bisa-bisa nggak dapat advantage apa-apa. Too Slow for me kalo buat middle/late game.

2. Dragon Ice


Mungkin ada yang make, mungkin juga nggak. Tapi karena dia bertype Dragon, bisa donk di search via Tidal. Efeknya lumanyun buat bertahan juga, cuma modal buang 1 kartu doank dan kalo yang dibuang Atlantean dkk. bisa ngambil advantage +1

3. Infantry or Pikeman?
Perbandingannya mungkin didasari pada Meta yang ada sekarang, kebanyakan maen face down dulu, baru berpolah, apalagi kalo lawan make heavy backrow,
Selain itu efek Pikeman bisa memaksimalkan advantage yang ada, karena sekali tusbol garpu, bisa SS atlantean dari deck untuk +1 advantage.

Spell :
Disini saya nggak melihat penggunaan Dark Hole dan Book of Moon ya, soalnya buat apa sih?sendal biru kau sulap menjadi kelabu...
ehem! maksud saya nggak guna juga Dark Hole pada meta saat ini, lawan di kasi Dark Hole malah nyengir. Lagipula mermail itu bisa control field kok, destroy sana destroy sini, culik, OTK haha..
Untuk book of moon??apa sih yang mau di face down??paling cuma buat bertahan doank..NGGAK USAH! soalnya ntar ada trap yang lumanyun untuk mermail dan deck water lainnya.

1. Gold Sarchopagus


Saya sepintas mengira ini emang buat combo sama Tidal aja kali ya, banish Tidal dan Add Dragon Ice. Tapi bisa juga untuk mempercepat mengambil kartu yang dibutuhkan untuk early game, misalnya saja mau ambil Emptyness, ato mungkin Salvage, karena terkadang "menunggu 2 turn untuk add" itu lebih cepat daripada menunggu Heart of the Card setiap turn!

2. Soul Charge
Kenapa kok cuma make 1?biasanya pada 3 copy semua ya >.<
alasan yang bisa ditemukan mungkin karena tidak ada slot lagi/slot problem. (thanks to IFK)

Trap :
Ok sekarang lanjut ke pembahasan Trap nih.

1. Phoenix Wing Wind Blast
Kalo nggak pake Solemn Warning, Bottomless, Torrentrial Tribute sih masih beralasan karena Meta nya, tetapi alasan memilih duo Phoenix Wing daripada Compulsory masih menjadi pertanyaan tersendiri nih, Kalo dari imajinasi sepintas saya, mungkin lebih efektif Phoenix Wing karena memiliki discard cost, yang nantinya bisa dijadikan bahan untuk soul charge, atau kalo nggak ya masih bisa di recycle via Salvage dan Sturge.

2. Torrential Reborn


Nah ini nih trap yang tadi saya singgung di atas hehe..lho apa bagusnya??
dengan adanya kartu ini, sudah nggak takut lagi kalo mau swarming banyak. Fap-fap sana sini, lawan respon torrentrial tribute, aktifkan aja kartu diatas^ dan monster yang ancur bisa SS lagi PLUS tambahan damage 500 per monster yang di SS. Bayangin aja kalo udah SS 5x500=2500 damage, tinggal gebuk" dikit lagi udah menang!

Kalo di deck ini juga bisa dicombo sama beberapa kartu juga untuk memaksimalkan efeknya, misalnya untuk Scrap Dragon dan Abyss-Sphere.

Untuk deck water lain juga cocok kok, Coba aja di deck Frog (ada 2 dupe) lawan ancurin salah satunya biar nggak ke lock, terus kalian respon Torential Reborn untuk SS lagi, burn 500 dan Add Frog via efek Dupe!

Ok total main deck ini berjumlah 41 kartu..nggak percaya?itung lagi sana -_-
Kenapa kok 41 kartu? karena 1 slot itu adalah Torrential Reborn (yang barusan saya bahas) dan tanpa Torentrial Reborn, Deck mermail ini akan seperti "Deck Mermail Random" lainnya.(Thanks to IFK)

Extra Deck :
Saya lagi-lagi nggak ngebahas Extra ya soalnya itu kartu-kartunya udah umum semua dan mesti dipake di Deck Mermail. Sekarang lanjut ke Side Deck!

Side Deck :

1. D.D. Crow
Ok. saya juga baru melihat sekarang ada orang make D.D. Crow lagi. Memang dalam prakteknya, D.D. Crow tidak bisa menghentikan efek yang sudah aktif di graveyard meskipun dia ter-Banish. Namun jika melihat pada Meta saat ini, semua kartu kuncinya bisa terkena D.D. Crow!
-Mau add Shaddoll Fusion/SS falco? > D.D. Crow
-Mau SS (altair, Coth) target Satellar? > D.D. Crow
-Burning Abyss? > D.D. Crow
-Sylvan? > D.D. Crow

2. Majesty Fiend


Nah ini baru greget. Kebanyakan Deck nggak bisa berpolah kalo kartu ini udah nongol! dengan bintang 6 doank, cara Summonnya pun terbilang cukup mudah di deck mermail ini. Tinggal SS Teus > Tribute, SS Soul Charge > Tribute. Lawan langsung syalala kalo nggak punya backrow!

3. Duo Light/Shadow Imp
Sudah jelas untuk Meta saat ini semacam Shaddoll, Burning Abyss, Satellar, ato deck-deck lama seperti Dark World, Artifact, dll.

Yah itu tadi sedikit analisis dan pemikiran dari saya seputar Deck Mermail! Selamat untuk Michael Tamez atas juaranya, dan sampai ketemu lagi dilain waktu!

Wassalamu`alaikum Wr.Wb.

"Yang penting bukanlah dari mana kamu dapat pengetahuan itu.
Tapi di mana kamu bisa menerapkannya".

~Ai Haibara/Detective Conan~

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -