Popular Post

Posted by : Anonim 10 Jul 2015

Assalamu`alaikum Wr.Wb.

Ya~Halo!
Ada yang sudah pernah main Devil May Cry guys? yup game yang "njelimet" seputar kelakuan Dante di dunia dan akhirat. Kali ini saya akan mencoba mereview-nya secara singkat.


Pada cerita sebelumnya, Dante melakukan perjalanan di Limbo City sambil creepingan iblis keroco biar nanti di seri "DMC: Devil May Cry 2" dia bisa one hit kill Last Boss-nya. Tentu saja Dante tidak sendirian, dia jalan-jalan bersama sang kakak "Virgil Onii-chan". Setelah nyasar sana-sini, nggak sengaja dia sampai di sebuah menara dan bertemu Mundus yang ingin membuka "Hell Gate (Underworld)" untuk memanggil raja Iblis. Untungnya sang kakak sempat menutup itu gerbang, mem-backstab Mundus dengan critical setara Rikimaru yang diequip 6 Butterfly. Akhir cerita Dante yang ngambek karena sang kakak nyerobot meng-kill Mundus, kabur entah kemana.

10 Tahun berlalu...

Dikisahkan dalam DMC: Devil May Cry 2, Dante kembali lagi melakukan perjalanannya. Kali ini dia sendirian dan benar-benar nyasar ke dunia Underworld. Sepertinya dia sudah PeDe buat one hit kill raja Iblis. Dante pun akhirnya jalan-jalan di "Eight Circle of Hell". Ditengah perjalanan, Dante bertemu dengan Absolute King Back Jack dan Fiend Griefing yang kebetulan juga nyasar disana. Merasa memiliki tujuan yang sama, alhasil terbentuklah "aliansi nyasar" untuk mengalahkan raja Iblis.

Yang katanya jadi Last Boss

Yang membuatnya menarik disini hadir nama baru yaitu Absolute King Back Jack dan Fiend Griefing. Siapa sih mereka? kok kayaknya strong bingitz? Well...daripada penasaran langsung aja saya berikan ulasannya ya! 



Absolute King Back Jack
Dark/Fiend - Effect/1/0/0
===========================
During your opponent's turn: You can banish this card from your Graveyard (this is a Quick Effect); excavate the top card of your Deck, and if it is a Normal Trap Card, Set it to your side of the field. Otherwise, send it to the Graveyard. That Set card can be activated during this turn. If this card is sent to the Graveyard: You can look at 3 cards from the top of your Deck, then place them on the top of the Deck in any order. You can only use each effect of "Absolute King Back Jack" once per turn.


Fiend Griefing
Normal Trap
============================
Target 1 monster in your opponent's Graveyard; shuffle it into the Deck, then you can send 1 Fiend-Type monster from your Deck to the Graveyard.

Hehe...nggak usah serius-serius baca cerita diatas guys. Cerita ini hanya fiktif belaka, kesamaan nama dan tempat itu hanya kebetulan semata. Well..sebenarnya mereka berdua tampil dalam deck Burning Abyss yang ada di YCS Columbus Ohio. Memang sih hanya sampai top 16 aja, tapi menurut saya cukup menarik untuk mengkombinasikan kedua kartu tersebut kedalam Burning Abyss. nih deck listnya bisa kalian lihat disini. Bagi yang males klik link, nih saya listkan :

Fletcher Thomas - Burning Abyss Deck
Top 16 YCS Columbus Ohio / Top16

Monster 19
Absolute King Back Jack
Alich, Malebranche of the Burning Abyss
Cir, Malebranche of the Burning Abyss
Draghig, Malebranche of the Burning Abyss
Farfa, Malebranche of the Burning Abyss
Graff, Malebranche of the Burning Abyss
Libic, Malebranche of the Burning Abyss
Rubic, Malebranche of the Burning Abyss
Scarm, Malebranche of the Burning Abyss
Tour Guide From the Underworld

Spell 2
Foolish Burial
Soul Charge

Trap 19
Breakthrough Skill
Crush Card Virus
Fiend Griefing
Fire Lake of the Burning Abyss
Karma Cut
Mind Crush
Phoenix Wing Wind Blast
Raigeki Break
Vanity's Emptiness

Extra Deck 15
Dante, Traveler of the Burning Abyss
Downerd Magician
Ghostrick Alucard
Mechquipped Angineer
Number 17: Leviathan Dragon
Number 20: Giga-Brilliant
Number 30: Acid Golem of Destruction
Number 47: Nightmare Shark
Virgil, Rock Star of the Burning Abyss
Wind-Up Zenmaines

Side Deck 15
Artifact Lancea
Bottomless Trap Hole
Breakthrough Skill
De-Fusion
Effect Veiler
Fire Lake of the Burning Abyss
Maxx "C"
Mystical Space Typhoon
Raigeki

========================================================================

Sejarah
Awal mula rilis, Burning Abyss populer dengan Trapnya yang banyak seperti Karma Cut, Phoenix Wing Wind Blast, Raigeki Break, Fire Lake. Namun sejak invasi Denko Sekka, keberadaan Trap ditinggalkan dan muncul versi Trapless yang jauh lebih agresif dan cepat. Bahkan saat ini ada juga yang memasukkan Secret Village of The Spellcaster dan Spell Canceller untuk mengimbangi Meta disana. Sekarang dengan banyaknya pengguna Nekroz yang lebih memilih untuk menaruh Denko Sekka di Side Deck serta Shaddoll Sekka yang sudah tidak populer, maka tidak heran jika Burning Abyss kembali berani bermain dengan trap-trapnya.


Back to Nature
Jika kalian melihat susunan komposisi trap, tidak jauh beda dengan yang sudah-sudah namun kali ini dengan tambahan 3 copy Fiend Grieving. Yap efek utamanya bisa balikin monster lawan yang ada di graveyard.

  1. Kalian bisa chain untuk Call of The Haunted, Oasis of Dragon Souls, Soul Charge, Altair, Grow-up Bulb, Level Eater, Clown-Blade, dan sejenisnya. 
  2. Mencegah Nekroz buat Djinn Lock dan Infernoid waktu ingin Special Summon.
  3. Mengurangi jatah Lightsworn biar nggak exactly four, atau Light/Dark di deck Chaos. 
  4. Dan lain-lain yang berhubungan dengan monster di graveyard 

Then...
Efek lanjutannya memungkinkan player untuk mengirim Fiend dari deck ke graveyard! yap Burning Abyss semuanya adalah Fiend-Type monster yang tentu saja efeknya akan ter-trigger jika terkirim ke graveyard. Kalian bisa menyesuaikan kebutuhan, kirim saja Graff, Libic dan Cir jika ingin swarming, Farfa jika terkena Djinn lock dan Archlord Krystia. Pada giliran lawan kalian juga dapat menggunakan Alich untuk melawan efek monster yang menyebalkan, Scarm untuk search Tour Guide yang sekarang statusnya menjadi limit.

Perlu diingat bahwa jika tidak bisa mengembalikan monster dari graveyard, maka tentu saja efek lanjutannya juga tidak akan jalan.


Hindari Kompor Meleduk
Burning Abyss (kecuali extra deck) memang akan meleduk jika ada monster lain diarena selain mereka. Bukan berarti Archtype ini tidak bisa ditambahin monster support untuk mendukung play-nya. Sebut saja salah satunya Absolute King Back Jack, yang efeknya akan aktif digraveyard so kalian tidak perlu repot-repot men-Summon-nya.

Efek melihat dan re-order 3 top deck lumayan bisa menyusun strategi buat next turn atau bisa dipakai buat memaksimalkan efek Mill dari Dante. Efek excavatenya nggak rugi sama sekali guys, kalau trap ya langsung di set, kalo monster Burning Abyss ya bisa trigger efek. Bagusnya kedua efek ini bisa langsung digunakan meskipun baru terkirim ke graveyard!

Back Jack yang nyangkut di hand bisa dibuang via cost trap seperti Karma Cut dan Raigeki Break. Gunakan Fiend Grieving untuk mengirim Back Jack langsung dari deck. Jika dari efek reveal 3 tidak sesuai dengan keinginan, kalian bisa mengcombonya dengan Draghig untuk memastikan Top Decking Burning Abyss card. Status Atk 0-nya bisa jadi bahan untuk tribute Crush Card Virus sekalian men-trigger efeknya.

Gimana guys? tertarik untuk membuild decknya? hehe...
Semoga artikel ini bisa jadi pencerahan bagi para duelist khususnya pengguna Burning Abyss.
Akhir kata, dapatkah Dante dkk. mengalahkan Last Boss? eww... au ah gelap

Yak sekian review dari saya, Chinmi
Wassalamu`alaikum Wr.Wb.

"Diam lebih baik daripada mengucapkan kata-kata yang hanya mengandung omong kosong"
~Piccolo / Dragonball~

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. Mr. Satan Bin Arif Rahmansyah Wumbo10 Juli 2015 pukul 21.10

    Piccolo is my waifu

    BalasHapus
  2. lapo ae aeek iki bzzzzzzz

    eroh koen pacaran ambek picolol

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -