Popular Post

Posted by : Anonim 10 Jun 2014

Assalamu`alaikum Wr.Wb. dan salam sejahtera bagi yang beragama lain
Yosh tak terasa udah sebulan berlalu dan sekarang saatnya saya Chinmi, akan mengulas archtype yang ada! Well untuk bahasan kali ini, saya mencoba untuk membahas mengenai Bujin!

Yup..Yujin (Eugene)...

BUKAN YUJIN TAPI BUJIN!!!Onii-Chan Bercanda lagi gue pentung lu!

Chinmi : Na..Naniii??Maaf Tuan Crab kayaknya anda gak jadi nongol disini deh haha.

..........................

Ehem!kita tinggalkan saja Tuan Crab yang lagi ngaplo ya lanjut aja ke topik bahasan daripada dimarahin Miku-Chan lagi >.<”
Ya! Archtype yang merupakan cerminan dari cerita legenda jepang ini memang cukup menarik untuk dibikin ulasan mulai dari List kartu, Playstyle, dan Trivia! Bujin akhir-akhir ini memang sering memasuki top 8 di turnament-turnament yang ada, bahkan pada NATS 2014 ini deck yang dipakai 1st Champion adalah Bujin!
Bujin memulai debutnya pada set Judgement of The Light (JOTL) dan terus berkembang hingga set Primal Origin (PRIO). Nah bagi yang belum tau dan penasaran nih, yuk kita liat per kartu serta efeknya seperti apa.
Eto..secara garis besar monster-monster Bujin ini terbagi dalam 3 kategori besar, yang pertama adalah Bujin itu sendiri, yang kedua adalah Bujingi yang merupakan support untuk Bujin, yang ketiga adalah Bujintei/Bujinki yang merupakan XYZ-nya.

Strength :
  • Bisa dimasukkan support kartu semacam Fire Formation Tenki dan Kaiser Collesium
  • Bisa control Field dengan mudah.
  • Adanya tambahan backrow trap-trap, adanya Bujingi yang siap pakai di hand/grave? Saatnya surrender.

Weakness : 
  • Banyak sekali side deck yang efektif, semacam debunk, soul drain, mind drain, dimensional fissure, macro cosmos, light imprisoning mirror, abyss dweller, imperial iron wall
  • Playstylenya yang cenderung lambat, kalo diswarming sedikit dan tidak ada kartu lock semacam kaiser collesium ya gak bisa handle.
  • Rada susah mengambil advantage dari lawan. sekali kena counter ya sudah.

1.      List Bujin Monsters
Note : diarena hanya dapat mengontrol 1 bujin setiap namanya.
a.       Bujin Arasuda
Efeknya dapat menspecial summon dirinya sendiri dari Hand ketika ada Bujin yang ter-banish adalah sucks menurut saya, kondisi yang sangat jarang sekali. Selain itu ketika End phase kamu meng-add Bujin Card, maka kamu dapat draw 1 dan buang 1 kartu. Hal ini juga rada sucks karena nunggu add kartu Bujin dulu baru bisa draw.
Run : 0-1
b.      Bujin Hirume
Sayangnya gak bisa dinormal summon, harus di special summon dengan membanish 1 bujin dari graveyard. Atknya gede untuk seukuran bintang 4, namun jadi sucks kalo draw kartu ini di awal-awal turn dan jadi kartu nganggur. Efek lainnya bikin kedua player buang masing kartu dihand lumayan sih buat discard kartu kunci lawan.
Run : 0-1
c.       Bujin Mikazuchi
Efek special summonnya lebih baik daripada Bujin Arasuda, cukup butuh destroy aja gak peduli by battle ato card effect. Efek keduanya juga lumayan bagus, bisa ngambil bujincarnation ato Bujin Spell/Trap yang lainnya dari deck.
Run :1-2
d.      Bujin Yamato
Nah ini dia yang menurut saya merupakan inti dari deck Bujin! Efeknya simple cukup add Bujingi dan buang ke grave untuk digunain efeknya. Bisa disesuaikan dengan kondisi di field juga.
Run : 3

2.      List Bujingi Monsters
a.       Bujingi Boar
Efeknya ngerubah Atk position monster lawan jadi Def dan nurunin Defnya jadi 0. Nggak begitu guna sih menurut saya kecuali ada yang pingin pake.
Run : 0-1
b.      Bujingi Centipede
Bisa destroy Spell/Trap lawan dengan membanishnya dari grave. Syaratnya harus ada Bujin Beast Warrior di Field. Masih bagus Mystical Space Typhoon tinggal cast doank.
Run : 0-1
c.       Bujingi Crane
Bisa dibilang merupakan honest dari Bujin. Efeknya memberikan double Atk ke Beast Warrior type Bujin. Namun sayangnya Atk Boost tersebut hanya belaku sekali per battle, tidak sampe end phase.
Run : 2-3
d.      Bujingi Crow
Negate attack dan Burn separuh dari Atk Monster yang nyerang. Lumayan buat nyicil-nyicil LP sih tapi masih lebih bagus Crane kalo menurut saya karena sekalian ngancurin monster yang nyerang.
Run : 1-2
e.       Bujingi Fox
Syaratnya berat banget, musti harus banish dia dari grave dan send Bujin dari Hand baru dapat efek kayak waboku.
Run : 0
f.       Bujingi Hare
Merupakan salah satu dari sekian Bujingi yang wajib pake 3! Proteksi dari battle dan card effect membuat Bujin menjadi rada alot buat disingkirkan. Minimal harus 2x nyerang sih itupun kalo berhasil.
Run : 3
g.      Bujingi Ibis
Efeknya memberikan piercing damage. Ya nggak begitu penting sih kecuali bagi yang pingin make aja dan suka tusbol-tusbol.
Run : 0-1 
h.      Bujingi Ophidian
Bisa bikin nyerang direct. Lumayan juga sih apalagi kalo mendekati akhir game. sayangnya pengaktifan kartu ini harus saat main phase, jadi lawan masih bisa besiap-siap dengan serangan yang akan datang. Sayangnya kartu ini jarang mendapatkan slot lebih karena banyak Bujingi yang efeknya lebih bagus.
Run : 0-1
i.        Bujingi Pavo
Nah, kalo Yamato kalian tewas, lempar aja kartu ini dan ambil lagi yamato dari deck, ato bujin yang lain dan next turn bisa juga digunain buat Xyz.
Run : 1-2
j.        Bujingi Peacock
bisa search bujin sesuai kondisi, sayangnya hanya bisa diaktifkan di main phase 2 saja. Memang tidak sebagus tenki sih, tapi bisa juga dipakai buat mempercepat search.
Run : 0-2
k.      Bujingi Quilin
Efeknya ngancurin face up card. Ya! Hanya face up card dan terbatas sekali menurut saya. Kartu-kartu yang sering face up hanya monster saja dan biasanya sudah bisa diatasi dengan crane ataupun trap-trap yang ada.
Run : 0-1
l.        Bujingi Raven
Bisa menyeret monster lawan yang ngancurin Bujin mu by battle dengan membuangnya dari hand. Sekali lagi, masih lebih bagus Crane.
Run : 0
m.    Bujingi Sinyou
Lagi! Honest Bujin namun aktif dari Graveyard. Atk Boostnya juga berlaku sampai end damage step, namun sayang battle damage yang diterima dikurangi menjadi setengahnya.
Run : 1-3
n.      Bujingi Swallow
Efeknya bisa bikin Bujin nyerang 2x! Lumayan sih meskipun nggak sejago Susanowo hehe.
Run : 0-2
o.      Bujingi Turtle
Bisa ngelindungin Bujinmu dari card efek yang mentarget. Cukup banish Turtle dari grave dan wala! Kartu tersebut akan ternegate.
Run : 2-3
p.      Bujingi Warg
Bisa ngelindungin Bujin lain dari card effect selama kartu ini berada dalam Face-up Defense. Menurut saya masih lebih baik hare dan Turtle.
Run : 0
q.      Bujingi Wolf
Proteksi dari battle untuk type beast, beast warrior dan winged beast. Kecuali dirinya sendiri. Sekali lagi, masih lebih baik Hare.
Run : 0

3.      List Bujinki/Bujintei
a.       Bujinki Amaterasu
Agak berat buat summon karena butuh 3 monster level 4. Efeknya bisa Special Summon Bujin dari banish ataupun Add, tergantung di turn siapa efeknya diaktifkan.
Run : 0-1
b.      Bujintei Kagutsuchi
Extra mill 5 kartu ketika disummon dan boost Atk sejumlah Bujin yang ikut ter-mill karena efek ini. Atknya gede membuat kartu ini susah diserang, apalagi efek proteksi ke Bujin dengan men-detach 1 materialnya membuatnya sangat jago.
Run : 1-2
c.       Bujintei Susanowo
Bisa nyerang semua monster lawan, dan saatnya bersih-bersih haha..Efek lainnya adalah detach 1 material dan add Bujin ke hand ataupun send langsung ke graveyard. Bisa milih sih add atau dump tergantung kondisi dan controlnya kayak gimana.
Run : 1-2
d.      Bujintei Tsukuyomi
Efeknya detach 1 dan send sisa kartu dihandmu untuk draw 2. Rada sucks juga sih, kecuali kartu hand tinggal 1 baru bisa advantage +1 haha..
Eto..efek lainnya jika kartu ini send ke grave karena opponent card effect, bisa Special Summon Bujin dari grave sejumlah material yang ada pada kartu ini. Ya! Monster yang dispecial summon bisa digunain lagi untuk Xyz nantinya.
Run : 0-1

4.      List Bujin Spell & Trap
a.       Bujin Regalia-The Jewel
Efeknya adalah Special Summon Xyz dari grave dan equip kartu ini ke Xyz tersebut. Dan kamu bisa Attach 1 Bujin dari hand ke dalam Xyz untuk digunakan efeknya nanti. Perlu diingat Xyz yang dapat di Special Summon adalah bebas!tidak terbatas pada bujin saja
Run : 0-1
b.      Bujin Regalia-The Mirror
Bisa dibilang kartu ini merupakan cold wave dari Bujin. Namun syaratnya rada berat ya, musti control Bujin Beast warrior type dan lawan musti control lebih banyak monster. Saya pribadi tidak menyarankan untuk memakai kartu ini.
Run : 0
c.       Bujin Regalia-The Sword
Bisa pilih untuk balikin Bujin yang kebanish atau add Bujin dari graveyard ke hand. Sayangnya lebih baik Bujincarnation untuk instant Xyz.
Run : 0
d.      Bujincarnation
Seperti yang saya bilang diatas, Bisa digunakan untuk instant Xyz sesuai kondisi. Bagus digunain di middle-late game apalagi untuk mengcounter lawan. Jangan masukin banyak copy karena kalo kedraw di awal game rada nganggur.
Run:1-2
e.       Bujincident
Dengan membanish Xyz Bujin, kamu bisa mengembalikan seluruh monster di field. Lumayan buat lawan yang suka swarming. Sampe 2nd End Phase bahkan tidak ada yang dapat summon monster dan terkena damage! (namun masih bisa Set monster). Combo aja dengan banish Kagutsuchi dan setelah End Phase Attach 1 Bujin untuk dijadikan materialnya.
Run : 0-1
f.       Bujinfidel
Efeknya nuker Bujin Beast Warrior Monster. Sayangnya harus nama yang berbeda, tidak seperti Cunning milik six samurai. Tidak begitu bagus menurut saya
Run : 0
g.      Bujintervention
Kartu ini dapat membanish monster lawan sekaligus yang memiliki nama yang sama baik di hand, grave, deck, extra deck sekalipun! Syaratnya adalah Bujin yang telah menjad target efek Bujintervention harus bisa mendestroy Monster lawan yang memiliki Atk lebih besar.
Run: 0-1
h.      Bujinunity
Efeknya bisa add 3 Bujin Beast Warrior type yang berbeda dari Deck setelah mengembalikan Bujin dari grave dan membuang Bujin dari hand. Nggak penting sekali, masih lebih baik Tenki.
Run : 0

5.      List Support diluar Bujin
a.       Vivid Knight
Kalo ada Bujin Beast warrior type yang ditarget efek ataupun serangan, kamu bisa banish Bujin tersebut dan Special summon kartu ini sebagai gantinya. Bujin yang terbanish akan kembali lagi saat standby phase.
Run : 1-3
b.      Honest
Sudah jelas kalo Bujin itu Light attribute semua dan kebodohan kalo gak masukin honest.
Run : 1
c.       Brotherhood of the firefist-Bear
Bujin juga make Tenki buat add Bujin Beast warriornya, jadi gak ada salahnya juga make bear buat clearing monster yang Atknya gede-gede. Karena fokusnya disini adalah Bujinnya, jadi gak usah bawa banyak-banyak
Run : 1-2
d.      Brotherhood of the firefist-Gorrila
Alasannya sama kayak bear, cuman lebih ke clearing Spell/Trap aja. Buat mancing backrow lawan sebelum  Yamato Turun.
Run : 0-1
e.       Fire Formation Tenki
Kartu kunci untuk search Beast Warrior type Bujin! Wajib pake 3 donk.
Run : 3
f.       Fire Formation Tensu
Tidak sepenting Tenki sih tapi masih bisa digunakan di deck untuk additional summonnya. Meskipun Bujin rata-rata mainnya solo doank, paling ndak bisa digunain untuk instant Xyz saat terdesak.
Run : 0-2
g.      Foolish burial
Buat dump Bujingi yang dibutuhin di grave kayak hare dan turtle.
Run : 1
h.      Forbidden Lance
Atk Bujin paling mentok 2000 aja itu kalo ada Tenki, Lance bisa buat ngelindungi monster dari serangan maupun backrow lawan. lawan kasi Bottomless ato torrent?sikat aja ama Lance. Gak perlu bawa banyak juga sih karena udah ada turlte ama hare.
Run : 1-2
i.        Kaiser Collesium
Nah ini juga jadi kartu kunci dalam Bujin. Efeknya memaksa lawan untuk duel 1 lawan 1 dengan Bujin!
Run : 2-3
j.        Horn of the Phantom Beast
Bisa dibuat Atk Boost Bujin Beast Warrior plus Draw kartu jika berhasil destroy monster lawan.
Run : 1-2
k.      Vanity Emptyness
Karena deck Bujin lebih sering main 1 on 1 jadi jarang Special Summon sih, maka dari itu pake Vanity Emptyness di maindeck juga bisa, apalagi buat ngelawan deck-deck swarming cepat.
Run : 1-2

NOTE : pengertian “Run” adalah berapa jumlah copy yang dimasukkan dalam deck, tentu saja hal ini adalah pendapat pribadi saya dan pembaca dapat bereksperimen lebih lanjut untuk membuat Recipe Deck dari List yang saya berikan (jadi tidak harus terpaku pada List Run saya). Ohya Run ini juga berdasarkan banlist TCG ya jadi jangan tanya kenapa honest gak pake 2.

Playstyle :
Jujur saya sendiri belum pernah make deck Bujin, hanya sering melawannya saat Turnament ataupun baca-baca efeknya di Internet. Namun setau saya, Playstyle Bujin terletak pada Bujin Yamato yang terus menerus add dan dump Bujingi yang dibutuhkan player. Jadi Player berusaha untuk melindungi Yamato bagaimanapun caranya.
Bujin lebih bergerak pada Solo Attacker (Yamato itu sendiri), dan mencicil-cicil LP lawan sembari mengontrol permainan.
Meski lebih sering Solo Yamato, Bujin juga dapat melakukan Xyz Rank 4 sesuai kondisi yang dibutuhkan jadi tidak hanya monoton ke Yamato saja.
Bujin akan sedikit kesulitan jika melawan deck-deck swarming dan apabila sekali dicounter, maka akan sulit untuk recover. Maka dari itu kebanyakan deck Bujin memakai Kaiser Collosium untuk memaksa lawan bermain solo sepertinya.
Karena ketergantungan pada Yamato, maka dari itu jika tidak mendapatkan Tenki ataupun Yamato itu sendiri rasanya nyesek banget Cuma bisa summon Bujingi dkk sembari menunggu Yamato.

Trivia :
1.      Bujin Type Beast Warrior merupakan cerminan dari karakter Yu-Gi-Oh! GX Series yaitu Jaden Yuki, Alexis Rhodes, Chazz Princeton dan Bastion Misawa. Hal ini bisa dilihat dari Style Rambutnya yang mirip.
2.      Nama-nama Bujin ini terinspirasi dari nama-nama legenda Jepang beserta pusakanya.

Wes cukup panjang juga ya ternyata, mungkin Cuma segini pengetahuan saya tentang Bujin dan semoga beranfaat untuk kita semua.hehe..
Ano.. kalo ada tambahan dari pembaca mengenai pengetahuan tentang Bujin bisa ditambahkan di comment ya~
Sekian dari saya Chinmi, apabila ada salah kata mohon maaf.
Wassalamu`alaikum Wr.Wb

意志あるところに道はある。
Ishi aru tokoro ni michi wa aru.

‘Dimana ada kemauan, disitu ada jalan’

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -