Popular Post

Posted by : IFK 17 Mar 2015

Assalamualaikum friends!
Sekarang saatnya kita bahas Japan Exclusive! Isinya Japan Exclusive ini ya kartu-kartu yang cuma dirilis dengan versi Japan saja, dan agak lama untuk datang ke TCGLand. Biasanya ada sepuluh kartu Japan Exclusives dan lima kartu Korean Exclusives di tiap set. Untuk kali ini di CROS, Japan Exclusivenya adalah support Monarch, Fire King, Atlantean, dan Cyber Dragon!

Kita akan mulai dengan Mithra! Mithra the Thunder Vassal adalah satu-satunya Vassal cewek, dan dia adalah Vassalnya Zaborg the Thunder Monarch. Efek Special Summonnya adalah yang paling mudah dibandingkan dengan Vassal lainnya. Ia dapat di Special Summon tanpa harus menunggu kita punya Tribute Summon monster terlebih dahulu (Garum), menunggu lawan punya monster di field (Landrobe), menunggu kita punya monster di Graveyard (Lucius), atau menunggu lawan punya dua Spell/Trap di field (Escher).

Setelah efeknya diaktifkan, dia akan Special Summon satu token dengan Attribute LIGHT di field lawan, siap untuk dijadikan target untuk dihancurkan Zaborg the Mega Monarch. Sekedar mengingatkan, Zaborg the Mega Monarch mempunyai efek yang bisa membuang monster di Extra Deck lawan sesuai dengan level monster LIGHT yang dihancurkannya. Sayangnya token tersebut cuma berlevel satu. Seandainya token tersebut level 12 pastinya akan lebih bagus karena itu berarti Zaborg akan lebih banyak membuang Extra Deck lawan.

Kalau Mithra diTribute untuk Tribute Summon, kita akan dapat bonus satu kali lagi Normal Summon. Berguna saat kita ingin overextend dan memberi damage push atau board clearing.

Berlines the Firestorm Vassal
Level 3
FIRE/Pyro/Effect
You can discard 1 card; Special Summon this card from your hand, but you cannot Special Summon monsters from your Extra Deck for the rest of this turn. If this card is Tributed for a Tribute Summon: You can look at your opponent's hand and banish 1 card from their hand until the End Phase. You can only use each effect of "Berlines the Firestorm Vassal" once per turn.
800 ATK/ 1000 DEF
Mensummon Berlines memang cuma discard satu kartu, tapi tetap saja itu minus. Hand disruptionnya juga cuma sampai End Phase. Waktu di Special Summon kita minus satu. Waktu ditribute kita minus satu lagi. Jelek.

Landrobe the Rock Vassal
Level 4
EARTH/Rock/Effect
You can target 1 face-up monster your opponent controls; you cannot Special Summon monsters from your Extra Deck for the rest of this turn, also Special Summon this card from your hand, and if you do, change that target to face-down Defense Position. If this card is Tributed for a Tribute Summon: You can target 1 monster with 800 ATK and 1000 DEF in your Graveyard, except “Landrobe the Rock Vassal”; add it to your hand. You can only use each effect of “Landrobe the Rock Vassal” once per turn.
Landrobe adalah Vassal yang cara summonnya cukup mudah walau berarti harus ada monster dulu di field lawan. Ketika di tribute, Landrobe juga bisa mengembalikan Vassal lain dari Graveyard ke handmu. Sayangnya itu berarti kita harus memakai Vassal yang lain.

Garum the Storm Vassal
Level 3
WIND/Winged Beast/Effect
You can return 1 Tribute Summoned monster you control to the hand; Special Summon this card from your hand, but you cannot Special Summon monsters from your Extra Deck for the rest of this turn. If this card is Tributed for a Tribute Summon: You can add 1 monster with 800 ATK and 1000 DEF from your Deck to your hand, except “Garum the Storm Vassal”. You can only use each effect of “Garum the Storm Vassal” once per turn.
800 ATK/ 1000 DEF
Garum efeknya ketika diTribute Summon bisa dibilang paling bagus diantara Vassal-Vassal lain. Sayangnya Garum sendiri sulit untuk diSpecial Summon; kamu harus punya Monarch dulu di field. Padahal tujuan dari Vassal sendiri seharusnya adalah untuk memudahkan summon Monarch tersebut.

Lucius the Shadow Vassal
Level 1
DARK/Fiend/Effect
You can banish 1 Level 5 or higher monster from your Graveyard; Special Summon this card from your hand, but you cannot Special Summon monsters from your Extra Deck for the rest of this turn. If this card is Tributed for a Tribute Summon: You can reveal all Set cards your opponent controls. Your opponent cannot activate cards or effects in response to this effect’s activation. You can only use each effect of “Lucius the Shadow Vassal” once per turn.
800 ATK/ 1000 DEF
Saat Lucius ditribute, Lucius akan berada di Chain Link 2, sementara efek Monarch yang diTribute Summon di Chain Link 1. Hal ini akan menyebabkan lawan tidak bisa merespon efek dari Monarch tersebut. Lumayan, tapi tetap saja minus 1 untuk card advantage.

Dominion of the Legendary Monarch
Field Spell Card
While you have no cards in your Extra Deck, if you control a Tribute Summoned monster and your opponent does not, your opponent cannot Special Summon monsters from the Extra Deck. If a Tribute Summoned monster you control attacks an opponent’s monster, it gains 800 ATK during damage calculation only. Once per turn: You can reduce the Level of 1 monster in your hand that has 2800 ATK and 1000 DEF by 2 (even after they are Summoned/Set or if this card leaves the field), until the end of this turn.
Dominion mencegah Special Summon dari Extra Deck, dan memudahkan mensummon Mega Monarch. Sayangnya Dominion tidak menambah konsistensi deck Monarch. ATK boostnya juga cuma saat turn kita saja, mengecewakan, seharusnya seperti Solidarity. Gunakan 3 copy dan 3 Terraforming di deck Mega Monarch. Monarch Stun tidak perlu kartu ini.

Neptabyss the Atlantean Prince
Level 1
WATER/Sea Serpent/Effect
You can send 1 "Atlantean" monster from your Deck to your Graveyard, except "Neptabyss the Atlantean Prince"; add 1 "Atlantean" card from your Deck to your hand, except "Neptabyss the Atlantean Prince". If this card is sent to the Graveyard to activate a WATER monster's effect: Target 1 "Atlantean" monster in your Graveyard, except "Neptabyss the Atlantean Prince"; Special Summon it. You can only use each effect of "Neptabyss the Atlantean Prince" once per turn.
800 ATK/ 0 DEF
Neptabyss harusnya dirilis dulu ketika Atlantean pertama rilis. Dengan demikian Atlantean tidak harus menjadi peran pembantu di deck Mermail; mereka cuma jadi peluru! Ucapkan selamat tinggal ke Genex Undine. Kartu yang sangat bagus dan menambah konsistensi dan potensi OTK deck WATER. Terlalu banyak combo yang bisa dilakukan via kartu ini, diantaranya 1st turn Moulin Glacia. Pakai max copy di deck Atlanteanmu.

Fire King's Island
Field Spell Card
If this face-up card in the Field Zone is sent to the Graveyard or banished: Destroy all monsters you control. You can only use 1 of the following effects of "Fire King Island" per turn, and only once that turn.
● During your Main Phase: You can destroy 1 monster in your hand or that you control, and if you do, add 1 "Fire King" monster from your Deck to your hand.
● If you control no monsters: You can Special Summon 1 FIRE Winged Beast-Type monster from your hand.

Ih waw... Ini pulaunya yang terlalu kecil atau Garunix yang memang besar sekali sampai hampir seukuran kawah gunung? Antara artistnya yang lagi mabuk atau Konami memang bercanda dengan art kartu ini...

Pulau Fire King di disain untuk mengurangi bad handnya Fire King. Sementara Atlantean adalah deck yang memang sudah konsisten, Fire King tidak. Inconsistency pertama adalah trigger untuk mendestroy kartu-katumu sendiri. Efek-efek monster Fire King baru akan aktif kalau mereka hancur karena card effect. Biasanya itu tugas Yaksha, namun karena Tenki lebih baik search yang lain (misal Wolfbark), maka Pulau Fire King inilah yang bertugas mendestroy kartumu sendiri, sekaligus searching, sehingga card advantagemu tidak minus. Kartu ini juga bisa mendestroy Earthbound Immortal Ccarayhua dan The Wicked Eraser, yang kadang-kadang juga digunakan oleh deck Fire King.

Inconsistency kedua adalah kalau Garunix tersangkut di hand. Nah efek kedua Island bisa langsung mensummon Garunix dari hand. Tapi bukannya kalau Garunix tersangkut di hand bisa dihilangkan via efek pertama Island? Yah mungkin saja untuk finishing LP lawan, jadi tidak perlu menunggu sampai next Standby Phase untuk mensummon Garunix.

Kartu yang bagus di deck Fire King. Masukkan tiga copy dan 2-3 Terraforming.

Chimeratech Rampage Dragon
Level 5
DARK/Machine/Fusion/Effect
2 or more "Cyber Dragon" monsters
A Fusion Summon of this card can only be done with the above Fusion Materials. When this card is Fusion Summoned: You can target a number of Spell and Trap Cards on the field, up to the number of Fusion Materials used for its Fusion Summon; destroy them. Once per turn: You can send up to 2 LIGHT Machine-Type monsters from your Deck to the Graveyard; this card gains 1 additional attack for each card sent to the Graveyard by this effect during each Battle Phase this turn.
2100 ATK/ 1600 DEF
Chimeratech selalu DARK. Ya, aku juga baru ingat. Entah mengapa Rampage mengingatkanku pada Apocalymon... Cyber Twin Dragon lebih keren menurutku. Ah well.

Overload Fusion bisa mensummon Rampage ala Miracle Fusion, dan Rampage butuh minimal dua Cyber Dragon. Rampage bisa menyerang tiga kali setelah menggunakan efek yang membuang dua LIGHT Machine ke Graveyard. Rampage juga bisa menghancurkan backrow sejumlah material yang digunakan untuk mensummon dirinya. Tapi kelemahannya adalah ATKnya yang rendah. ATK 2100 tidak akan melewati banyak monster di masa sekarang ini, walaupun dia adalah multi-attacker sekalipun. Seharusnya Rampage juga bisa menghancurkan monster, agar bisa melakukan combo Frightfur Tiger + Wolf seorang diri, alias menghancurkan kartu lawan saat disummon (bukan hanya Spell/Trap yang dihancurkan, melainkan monster juga), kemudia direct attack berkali-kali hingga LP lawan nol.

Tapi kalau demikian Frightfur bakal pensiun. Ya sudahlah~

Cyber Dragon Infinity
Rank 6
LIGHT/Machine/Xyz/Effect
3 Level 6 LIGHT Machine-Type monsters
You can also Xyz Summon “Cyber Dragon Infinity” once per turn by using a “Cyber Dragon Nova” you control as the Xyz Material. (Xyz Materials attached to that monster also become Xyz Materials on this card.) This card gain 200 ATK for each Xyz Material attached to it. Once per turn: You can target 1 face-up Attack Position monster on the field; attach it to this card as a face-up Xyz Material. Once per turn, during either player's turn, when a card effect is activated: You can detach 1 Xyz Material from this card; negate that activation, and if you do, destroy it.
2100 ATK/ 1600 DEF
Inilah salah satu boss monster yang paling banyak dihype di CROS, Cyber Dragon Infinity! Gambarnya memang keren, namun bagaimana cara mensummonnya? Untuk mensummon Infinity, cukup Rank-Up saja Cyber Dragon Nova mu. Cyber Dragon Nova sendiri punya requirement 2 Level 5 Machine-Type monster, yang mudah dilakukan oleh Cyber Dragon dan Chronomaly. Namun, Nova bisa juga disummon via Ptolemaios. Sayangnya, cara ini boros slot Extra Deck. Overlay tiga monster dan menghabiskan tiga slot Extra Deck hanya untuk satu Infinity. Go ahead if you like.

Sekarang statsnya. Untuk boss monster yang bisa dibilang Mega Level nya Cyber Dragon (Ultimatenya Cyber Dragon Nova), why the hell statsnya tetap sama dengan Cyber Dragon biasa? Untungnya ATKnya bertambah untuk setiap Xyz materialnya, sehingga satu Goblin Attack Force random tidak bisa begitu saja muncul dan menghajar Infinity yang baru saja kamu summon.

Untuk efeknya, mirip dengan Number 101. Namun Infinity bahkan bisa makan temannya sendiri untuk menambah berat badan dan ATKnya. Efek negationnya mirip Shooting Quasar. Jangan lupa untuk siapkan pancinganmu ketika menghadapi kartu ini. Sayangnya, Breakthrough Skill yang di Graveyard tetap unstoppable bahkan bagi Infinity sekalipun.

Menurutku sendiri Infinity adalah boss yang cukup bagus disainnya. Efeknya lumayan sulit untuk dilewati, namun hal itu diseimbangkan dengan cara summonnya yang cukup menguras option di Extra Deck.

Sekian untuk review kali ini, review selanjutnya adalah Korean Exclusive~
Wassalam!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -