Popular Post

Posted by : Anonim 22 Mar 2015

Assalamu`alaikum Wr.Wb.

Sesuai dengan judulnya, kali ini saya akan membahas tentang Start of Main Phase. "Apa sih itu? bneran ada nggak? jangan-jangan cuma akal-akalan si Chinmi doank?"

Ya ya ya, sebenarnya ini semua berawal dari suatu cerita di Dwiga...sekarang kakek akan bercerita, jadi simak baik-baik ya cu~

Pada jaman dahulu kala, hiduplah seseorang duelist yang lagi dalam masa pembelajaran tentang ruling...
10 tahun berlalu...duelist itu pun datang ke dwiga dengan bekal ilmu yang sudah mantap. Disana, dia melihat duel dari seseorang (sebut saja Adam dan Riza). Selang beberapa detik, tiba-tiba mereka berdebat sesuatu yang menurut si duelist itu "simple". Yang diperdebatkan tidak lain adalah kondisi dimana Riza mau lempar Veiler ke Denko Sekka di start of main phase, padahal seharusnya jika masuk main phase, priority akan ada di turn player.

Sabda pun turun dari duelist tersebut, yang mengatakan bahwa "pada start of main phase, lawan bisa lempar Veiler dengan anggapan turn player sudah pass priority karena tidak punya spell speed 2". Penjelasan lebih lanjut dikatakan bahwa dengan mengambil contoh seperti pada "Battle Step". Pada step itu, kartu yang harus aktif adalah speed 2 dan dia menerapkannya pada Main Phase. Benarkah seperti itu? Padahal tidak ada aturan di Main Phase yang mengharuskan turn player mengaktifkan speed 2 terlebih dahulu.

Adam yang tidak terima dengan sabda dari sang duelist kemudian mencoba mencari-cari ruling dan bertanya kepada sesepuh-sesepuh lainnya. Hasilnya? sabda dari sang duelist SALAH BESAR!
Bagaimanapun juga, turn player berhak mendapatkan priority untuk melakukan sesuatu. Untuk lebih jelasnya, Kunami telah menyiapkannya di tiap Starter Deck, pada bagian Rule Book yang biasanya langsung dibuang ketika habis dibeli.



Yah namanya duelist juga manusia, pasti juga bisa khilaf kan? Saya pun memaklumi kesalahan duelist itu *uhuk* dan semoga dijadikan pelajaran untuk kedepannya. Ah ya, singkat cerita duelist tersebut kembali lagi bertapa untuk memperdalam rulingnya lagi.
-END-

~Cerita ini hanya mitos rek, nggak usah kalian cari itu duelist siapa ya~

  • OK intinya di setiap start phase, priority jatuh ke turn player dan berhak untuk melakukan sesuatu atau pass priority ke lawan. 
  • Jika turn player telah pass priority, turn player selesai perform action atau setiap ada efek kartu yang resolve, barulah lawan berhak melakukan respon dengan speed 2 (fast effect) keatas. Hal ini ditujukan supaya kita dapat menghargai turn player. Nggak enak kan semisal di giliran kita lagi enak-enak mikir terus lawan respon "waktu mikir, CHAIIN!!!"
  • Kenapa pada Battle Step, aturannya harus aktif spell speed 2? ya jelas lah Battle Phase ngga bisa aktifkan spell speed 1, beda dengan Main Phase! Phasenya aja udah beda, jangan menerapkan contoh aturan Battle Step ke Main Phase ya, bisa dosa besar kamu sama KKD!
  • Jadi start of main phase itu mitos ataukah nyata? YA, ini cuma sekedar mitos bagi duelist yang mencoba merebut hak turn player priority.
Sekian dari saya, Chinmi
Wassalamu`alaikum Wr.Wb.
=======================================================================
"Memang benar kita tidak bisa menang hanya dengan kita mencintai permainan itu. tapi kita bisa berjuang lebih keras jika kita mencintainya, dan ketika kau menang, kau akan bahagia dari lubuk hatimu yg paling dalam"

~Kuroko/ Kuroko no Basuke~

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. rule-rule semacam itu hanya bisa diterapkan pada duelist2 yg ilmunya memang sudah matang, sementara duelist yang hanya bermodal nyari fun dan duel sambil cekikikan mungkin hanya akan mengangguk-anggukkan kepala ketika lawan mulai berpolah. mungkin dari golongan tersebut ada beberapa anak-anak terpilih yang akan mencari tahu alasan tersebut pada senpai mereka, namun apalah nasib mereka yang tidak mengindahkan hal tersebut? jawabnya ada diujung langit

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin bisa dibilang itu sebuah harapan dari eto...reza ecchiputra?
      who knows, tapi yang ku tau semua yang bernama reza itu nggak ecchi eh!!!

      Hapus

- Copyright © 2013 Yu-Gi-Oh! Meta Game Malang - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -